Malang, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mencatat kenaikan jumlah pengguna kereta api hingga 40 persen yang diberangkatkan dari Stasiun Malang, Jawa Timur, dalam masa libur panjang Waisak pada 22-26 Mei 2024.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif di Kota Malang, Senin mengatakan bahwa pada periode 22-26 Mei 2024, jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Malang mencapai 18.438 orang atau naik 40 persen dari pekan sebelumnya.

"Pelanggan yang berangkat dari Stasiun Malang periode 22-26 Mei 2024 tercatat sebanyak 18.438 pelanggan. Jumlah ini meningkat sebesar 40 persen dibanding pekan sebelumnya," kata Luqman.

Luqman menjelaskan, dengan jumlah pengguna angkutan kereta api yang sebanyak 18.438 orang tersebut, ada kenaikan sebanyak 5.277 pelanggan dibanding pekan sebelumnya. Saat itu, jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Malang tercatat sebanyak 13.161 orang.

Ia menambahkan, untuk jumlah penumpang yang turun di Stasiun Malang, pada periode libur panjang peringatan Hari Raya Waisak tersebut juga tercatat mengalami peningkatan sebesar 30 persen dibanding pekan sebelumnya.

Tercatat, ada sebanyak 17.113 pelanggan yang turun di Stasiun Malang, atau mengalami kenaikan sebanyak 3.950 pelanggan. Pada pekan sebelumnya, jumlah pengguna angkutan kereta api yang turun di Stasiun Malang tercatat sebanyak 13.163 orang.

"Untuk puncak kepadatan keberangkatan dari Stasiun Malang saat libur panjang Waisak, terjadi pada Kamis (23/5) dengan jumlah pelanggan 3.923 orang," katanya.

Sementara pada hari yang sama, lanjutnya, untuk jumlah penumpang yang tiba di Stasiun Malang dari berbagai wilayah di Pulau Jawa, tercatat sebanyak 4.224 orang. Peningkatan volume pengguna angkutan kereta api, merupakan bentuk kepercayaan masyarakat kepada KAI.

Di Stasiun Malang, menurut Luqman, ada sejumlah kereta api jarak jauh favorit yakni Kereta Api Malabar relasi Malang-Bandung, Kereta Api Tawangalun relasi Malang Kotatalama-Ketapang dan Kereta Api Matarmaja relasi Malang-Pasarsenen.

"KAI Daop 8 Surabaya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya telah menggunakan transportasi kereta api khususnya selama libur panjang akhir pekan Waisak," katanya.

Baca juga: Volume penumpang di Stasiun Malang saat libur Waisak naik 37 persen
Baca juga: BB TNBTS catat wisatawan Bromo capai 6.242 orang saat libur Waisak
Baca juga: KAI operasikan tiga KA tambahan di Stasiun Malang saat libur Waisak

 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024