Tangerang (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menjalin kerjasama dengan maskapai penerbangan PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. untuk pergelaran Pekan Olahraga Nasional 2024 Aceh-Sumatera Utara.

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara kedua belah pihak dilakukan oleh Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra di Hanggar 2 GMF AeroAsia, Cengkareng, Tangerang, Senin.

“Kerja sama dalam bidang transportasi khususnya penerbangan ini memerlukan satu koordinasi yang detail antara KONI Pusat dengan Garuda Indonesia, sehingga kehadiran Garuda Indonesia bisa memberikan bantuan percepatan kemudahan transportasi udara bagi kontingen yang disiapkan oleh Garuda Indonesia,” kata Ketum KONI Pusat, Marciano Norman.

“Saya berharap dengan adanya kerja sama ini, di samping Garuda Indonesia, Citilink juga bisa membantu penyelenggaraan PON XXI dari daerah-daerah yang memang tidak dilewati Garuda Indonesia," sambung Marciano.

Baca juga: KONI berharap Garuda beri kemudahan angkut alat pertandingan untuk PON

PON 2024 merupakan PON edisi pertama yang diselenggarakan di dua provinsi. Nantinya PON 2024 akan diikuti oleh 38 provinsi termasuk Daerah Otonom Baru (DOB) dan Ibu Kota Negara (IKN) dengan status defile.

PON edisi ke-21 ini akan mempertandingkan sebanyak 33 cabang olahraga yang berlangsung di Aceh dan 34 cabang olahraga bertanding di Sumut, dan menjadi PON perpisahan dari masyarakat olahraga prestasi untuk masa bakti Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Kerjasama yang terjalin antara KONI Pusat dengan Garuda Indonesia akan terjalin hingga empat tahun mendatang. Marciano berharap dengan kerjasama ini mampu memberikan manfaat tidak hanya sebatas PON 2024 namun juga event olahraga lainnya seperti Indonesian Martial Art Games (IMAG)/ PON Bela Diri, Indonesian Youth Games/ PON Remaja, Indonesian Beach Games/ PON Pantai, PON Indoor.

Baca juga: Pj Gubernur ajak Garuda Indonesia sukseskan PON Aceh 2024

“Tidak hanya PON XXI Aceh-Sumut 2024, KONI Pusat juga memiliki event olahraga lainnya seperti Indonesian Martial Art Games (IMAG)/ PON Bela Diri, Indonesian Youth Games/ PON Remaja, Indonesian Beach Games/ PON Pantai, PON Indoor,” ujar Marciano.

Garuda Indonesia memberikan sejumlah keuntungan untuk atlet yang menjadi kontingen di PON Aceh-Sumut 2024 diantaranya harga spesial, fleksibilitas tiket, esktra bagasi 5 kg, check-in counter special. Selain itu kampanye PON XXI juga segera dilakukan Garuda Indonesia, misalnya lambang di dalam pesawat, pengumuman di kabin, majalah pesawat, media sosial, dan layanan pelanggan di Aceh dan Sumut selama penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024 berlangsung.

“Ini kewajiban kita, bahwa semua rangkaian acara yang diselenggarakan negara berjalan lancar, PON XXI kali ini menjadi menarik untuk kita saksikan karena pertama di dua provinsi, ini menjadi komitmen kami untuk selalu mendukung KONI," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.

"Tentunya ke depan kami berharap kerja sama dapat dipererat, dan mudah-mudahan bisa meringankan para atlet yang bersemangat mengikuti PON XXI Aceh-Sumut 2024, serta menghasilkan prestasi yang membanggakan," tambah Irfan.

Baca juga: KONI tekankan pentingnya pemanfaatan arena bekas PON untuk prestasi
Baca juga: Menpora optimistis venue utama PON selesai akhir Juli 2024
Baca juga: Kominfo-PB PON matangkan persiapan media center PON 2024 Aceh-Sumut

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024