Harry Kane resmi menjadi pemenang Sepatu Emas Eropa 2023/24
Jakarta (ANTARA) - Penyerang Bayern Muenchen, Harry Kane dipastikan akan menyabet gelar Sepatu Emas Eropa (Golden Shoe) 2023/24 setelah dia mengakhiri musim ini sebagai pencetak gol terbanyak di benua Eropa.
 
"Harry Kane resmi menjadi pemenang Sepatu Emas Eropa 2023/24," kata pakar sepak bola Eropa Fabrizio Romano lewat unggah di akun X-nya pada Senin.
 
Kane pindah ke Bayern dari Tottenham pada awal musim ini dengan nilai transfer fantastis yang mencapai 95 juta euro.
 
Kane langsung menunjukkan ketajamannya meski menjalani musim pertamanya di Bundesliga. Penyerang berusia 31 tahun itu berhasil mengoleksi 36 gol dari 32 pertandingan di Liga Jerman.

Baca juga: Harry Kane mulai tebar ancaman untuk rival Bayern Muenchen
 
Alhasil, Kane menjadi pencetak gol terbanyak Bundesliga musim 2023/24 dan unggul dari pesaing terdekatnya penyerang Stuttgart Serhou Guirassy yang mencetak 28 gol.
 
Ini merupakan gelar pencetak gol terbanyak keempat sepanjang karier Kane. Tiga penghargaan lain berhasil diraihnya saat memperkuat Tottenham di musim 2015/16, 2016/17, dan 2020/2021.
 
Selain menjadi pencetak gol terbanyak Bundesliga, Kane dipastikan menjadi penyerang paling tajam di liga-liga Eropa sehingga dia berhak meraih Sepatu Emas Eropa 2023/2024.
 
Kapten tim nasional Inggris itu berhasil menyabet Sepatu Emas Eropa dengan mengalahkan Serhou Guirassy (Stuttgart) dengan 28 gol, serta Kylian Mbappe (PSG) dan Erling Haaland (Manchester City) dengan 27 gol.
 
Selebrasi Harry Kane setelah mencetak gol untuk Bayern dalam pertandingan Bundesliga lawan Augsburg di WWK Arena, Augsburg, Jerman pada Sabtu (27/1/2024). ANTARA/HO-fcbayern/pri. (ANTARA/HO-fcbayern)

Baca juga: Kane berambisi bawa Bayern Muenchen juarai Liga Champions
 
Ini merupakan kali pertama Kane mendapat Sepatu Emas dan menjadi pemain Bayern ketiga yang memenangkan Sepatu Emas Eropa setelah Gerd Muller dan Robert Lewandowski.
 
Secara keseluruhan, Kane mencetak 44 gol dari 45 pertandingan untuk Bayern musim ini. Selain 36 gol di Bundesliga, Kane turut mencatatkan delapan gol di Liga Champions.
 
Sayangnya, jumlah gol tersebut masih belum mampu membantu Bayern meraih gelar. Die Roten finis ketiga di Bundesliga dan tersingkir di tiga kompetisi lainnya yaitu DFB-Pokal, Liga Champions dan Piala Super Jerman.
 
Meski memiliki prestasi individu yang mentereng, Kane sendiri masih nirgelar bergengsi dalam sepanjang kariernya di klub maupun timnas Inggris.

Baca juga: Harry Kane samai rekor 60 tahun saat Bayern melumat Mainz 8-1
Baca juga: Ten Hag akui tertarik datangkan Harry Kane ke MU musim panas lalu

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024