Jakarta (ANTARA News) - Jakarta mendapat kehormatan menjadi lokasi penyelenggaraan Liga Bola Basket Nasional (NBL) dan Liga Bola Basket Nasional Putri (WNBL) Indonesia Speedy musim 2013-2014 yang akan bertempat di Gedung Basket Hall A Senayan, Jakarta, pada Sabtu (11/1).

Siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Senin, menyebutkan meskipun secara resmi musim reguler Speedy NBL 2013-2014 telah dimulai pada Seri Pertama di Malang, November 2013 lalu, tetapi upacara pembukaan akan digelar di Jakarta.

Jakarta merupakan tuan rumah untuk Seri Kedua NBL 2013-2014 dan Seri Perdana WNBL 2013-2014 yang akan berlangsung di Gedung Basket Hall A Senayan, Jakarta, 11-19 Januari.

Upacara pembukaan NBL akan segera disambung dengan laga penting antara dua rival abadi, Satria Muda Britama Jakarta melawan M88 Aspac Jakarta.

Selain itu, dengan pertimbangan reaksi penggemar bola basket tanah air kala penayangan laga pamungkas Speedy NBL 2012-2013 lalu, penyelenggara liga memutuskan bukan hanya kembali bekerja sama dengan stasiun televisi nasional TVRI untuk menyiarkan laga pamungkas musim ini tetapi juga upacara pembukaannya.

"Ketika menayangkan partai final musim lalu di TVRI, kami mendapat banyak pujian dan ucapan terima kasih dari para penggemar basket. Khususnya yang tinggal jauh dari venue-venue pertandingan, yang masih berpusat di pulau Jawa," kata Komisioner NBL sekaligus Direktur PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia selaku penyelenggara liga, Azrul Ananda.

Azrul menyebutkan keputusan itu bertujuan agar para penggemar bola basket di seluruh Indonesia dapat menikmati kemeriahan upacara pembukaan musim ini.

"Wajar bila kami menjalin lagi kerja sama dengan TVRI, agar semua penggemar di seluruh Indonesia juga bisa melihat kemeriahan upacara pembukaan," katanya.

Secara eksklusif, pada Sabtu (11/1) selama 2,5 jam sejak pukul 18:00-20:30 WIB TVRI akan menyiarkan upacara pembukaan dan laga antara Satria Muda melawan Aspac.

Siaran itu juga direncanakan akan disebarluaskan oleh 28 TVRI Stasiun Daerah di semua ibu kota provinsi di Indonesia.

Selain upacara pembukaan, TVRI juga rencananya akan menyiarkan laga pamungkas musim 2013-2014 pada 15 Juni mendatang dari Gedung Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta.

Sementara itu, Azrul juga menegaskan keseriusan penyelenggara liga dalam upaya pengembangan program "live streaming" atau tayangan langsung dalam jaringan (daring) untuk setiap laga NBL dan WNBL 2013-2014.

Setiap pertandingan akan bisa ditonton langsung melalui perangkat elektronik yang tersambung dengan jaringan internet lewat laman livestreaming.nblindonesia.com.

"Kami merupakan liga olahraga pertama yang serius mengembangkan program live streaming. Dan sampai saat ini, masih satu-satunya di Indonesia yang menayangkan seluruh pertandingan via live streaming untuk kepuasan penggemar," kata Azrul.

Layanan tayangan langsung daring tersebut dapat dinikmati penggemar bola basket secara gratis berkat kerja sama yang terjalin antara PT DBL Indonesia dengan MitraNet, selaku penyedia layanan "live streaming" di Indonesia.

Pewarta: Gilang G
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014