Ia akan berbicara dengan pejabat tinggi Korea Utara untuk diplomasi melalui olahraga...
Tokyo (ANTARA News) - Mantan pegulat profesional Jepang yang kemudian menjadi anggota parlemen, Antonio Inoki, akan berkunjung ke Korea Utara pekan depan, kata sekretarisnya, Kamis, pada saat perhatian Pyongyang tertuju pada mantan bintang basket Amerika, Dennis Rodman.

Inoki kerap mengunjungi negara komunis yang tertutup itu. Dalam kunjungan sebelumnya pada November, ia bertemu dengan Jang Song-Thaek, paman pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un yang bulan lalu dihukum mati.

Inoki yang menjadi anggota kelompok oposisi pada Majelis Tinggi Jepang adalah ketua lembaga swadaya masyarakat yang bertujuan membangun pertukaran olahraga kedua negara, yang kantornya dibuka di Pyongyang bulan lalu.

"Kami belum tahu hingga tiba di sana nanti, siapa yang akan ditemui, seperti yang selalu terjadi dalam lawatan ke Korea Utara tahun lalu," kata sekretarisnya.

"Ia akan berbicara dengan pejabat tinggi Korea Utara untuk diplomasi melalui olahraga dan kemungkinan kunjungan anggota parlemen Jepang yang lain," katanya.

Mantan bintang NBA Rodman pada Rabu menyanyikan lagu "Selamat Ulang Tahun" secara terbuka bagi Kim, pria yang disebut disayanginya dan "teman seumur hidup".

Inoki yang menurut ukuran parlemen Jepang dianggap memiliki karakter bersemangat diharapkan bisa lebih "tidak menarik perhatian" dibanding Rodman.

Mantan pegulat yang menjadi anggota partai oposisi kecil, Partai Restorasi, ditangguhkan sebulan dari parlemen karena bepergian ke Pyongyang tanpa mendapat izin.

Rencana perjalanan akan dimulai Minggu melalui Beijing dan menuju Pyongyang pada Senin. Inoki tidak merasa perlu meminta izin parlemen karena dalam masa reses.

Inoki akan pulang ke Tokyo pada Kamis minggu depan, kata sekretarisnya, demikian seperti dikutip dari AFP.

(M007)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014