counter

Taman bercerita menangi Kontes Inovasi Solusi 2014

Taman bercerita menangi Kontes Inovasi Solusi 2014

Kuntoro Mangkusubroto (ANTARA)

Tujuan kita bersama adalah bagaimana pemerintah bisa meningkatkan kualitas pelayanan bagi rakyat. Begitu banyak tuntutan memang, tetapi sekarang kami didik rakyat menuntut sembari memberikan solusi,"
Jakarta (ANTARA News) - Ide inovasi sarana pertemuan warga dengan perangkat pemerintah daerah milik Muhammad Fadli bertajuk Taman Bercerita memenangi Kontes Inovasi Solusi 2014 yang diselenggarakan Sekretariat Open Government Indonesia.

Penganugerahan juara kontes gelaran OGI di bawah Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) yang bertema "Solusimu, Ayo Berinovasi!" tersebut berlangsung di Museum Nasional, Jakarta, Kamis.

Taman Bercerita merupakan ide Fadli untuk membuat sarana pertemuan warga dengan para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) beserta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Selain pertemuan rutin, Taman Bercerita juga akan membentuk laman internet untuk menangkap aspirasi dan informasi dari rakyat.

Kepala UKP4 Kuntoro Mangkusubroto mengatakan kontes semacam itu merupakan wujud nyata dari gerakan menumbuhsuburkan kebiasaan mengajukan tuntutan sembari menyodorkan solusi kepada pemerintah.

"Tujuan kita bersama adalah bagaimana pemerintah bisa meningkatkan kualitas pelayanan bagi rakyat. Begitu banyak tuntutan memang, tetapi sekarang kami didik rakyat menuntut sembari memberikan solusi," kata Kuntoro dalam kata sambutan dalam malam penganugerahan Kontes Inovasi Solusi 2014.

Ide Fadli terpilih dari sekitar 3.200 ide inovasi yang didaftarkan dalam kontes tersebut lewat dua cara yaitu, melalui pendaftaran dalam jaringan (daring) dan acara tur panitia ke 10 kota di seluruh Indonesia.

Ide Wiriya Alrahman tentang Optimalisasi Perizinan Usaha di Kantor Badan Penerapan Pengkajian Teknologi (BPPT) Medan keluar sebagai juara kedua, diikuti indovasi Pengelolaan Sampah Berbasis Komunitas di Pasar Induk Kramat Jati yang didaftarkan oleh Achmad Danny Gazali sebagai juara ketiga.

Sementara sebagai juara favorit, adalah ide inovasi Lampu Merah Dinamis berdasarkan Jumlah Kendaraan Antrian yang diracik oleh Fajar Budi Laksono, Yuga Pratama dkk dari Semarang.

Selain karya inovasi, pada saat bersamaan juga dianugerahkan juara pertama hingga ketiga dari karya infografis.

Sebagai juara pertama adalah karya infografis tentang Upah Minimum Regional 2013 Indonesia milik Ananggadipa Raswanto dan Ratih Sarawati.

Kemudian juara kedua adalah infografis bertajuk Untuk Commuter Line yang Lebih Baik karya Ihsan Ahmad Syauqi, dan infografis Serba-Serbi Commuter Line Jabodetabek karya Tommy Chandra sebagai juara ketiga.

Pada penjurian tahap akhir, para finalis Karya Inovasi Solusi 2014 yang berasal dari sembilan kabupaten-kota di enam provinsi tersebut diminta mempresentasikan ide dan karya mereka di hadapan lima orang dewan juri.

Dewan juri yang menguji presentasi pamungkas para finalis adalah Akademisi Yayat Supriyatna, Pakar Inovasi Tri Mumpuni, Pegiat Sipil Teten Masduki, Pakar Media Bambang Harymurty dan Ignasius Jonan yang kali ini mewakili sektor swasta, bukan sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia.(*)

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar