Jakarta (ANTARA News) - Penumpang perdana maskapai penerbangan komersial Citilink tujuan Bandara Halim Perdanakusuma disambut ondel-ondel dan tari-tarian khas Jakarta, bahkan sejumlah penumpang eksekutif menerima kalung bunga bak pejabat.

Semua persembahan itu diberikan dalam rangka pembukaan Bandara Halim Perdanakusuma sebagai bandara yang melayani penerbangan komersial terjadwal.

"Jadi perlu diingat bahwa Halim Perdanakusuma ini bukan pertama kali melayani penerbangan komersial, karena sebelumnya sudah melayani penerbangan komersial sewaan. Yang benar itu Halim ini pertama kali melayani penerbangan komersial terjadwal," kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono di Jakarta, Jumat.

Bambang mengatakan peresmian Bandara Halim Perdanakusuma sebagai bandara yang melayani penerbangan komersial terjadwal dapat menjadi alternatif yang baik bagi masyarakat dan mengurai padatnya penerbangan di Bandara Soekarno Hatta.

Para penumpang penerbangan komersial terjadwal yang mendarat perdana di Halim Perdanakusuma pun mengaku senang dengan dibukanya lapangan terbang alternatif di wilayah timur Jakarta.

"Kalau untuk urusan pemerintahan, bisnis, itu lebih dekat lewat Halim dari pada Soekarno Hatta, saya senang bisa landing di Halim," ujar penumpang asal Yogyakarta, Prasetya yang mendarat di Jakarta menggunakan penerbangan Citilink, Jumat.

Prasetya menilai ibukota DKI Jakarta sudah sepatutnya memiliki banyak bandara komersial. Menurut dia di New York, Amerika Serikat, terdapat empat buah bandara komersial.

"Semakin banyak bandara komersial justru lebih nyaman. Seperti di Halim ini pesawat cepat landing tidak perlu berputar dulu menunggu antrean landing," ujar dia.

Penumpang asal Yogyakarta lainnya, Bambang juga senang dengan diresmikannya Bandara Halim Perdanakusuma sebagai bandara komersial terjadwal. Namun dia mengharapkan otoritas setempat menyediakan ketersediaan angkutan umum yang memadai untuk memudahkan penumpang.

Pada hari ini, maskapai penerbangan komersial Citilink menjadi maskapai pertama yang melayani penerbangan dengan rute Halim Perdanakusuma.

Berdasarkan jadwal yang diperoleh dari Citilink, pada hari ini terdapat 16 penerbangan maskapai tersebut dari dan menuju Bandara Halim Perdanakusuma mulai pukul 05.55 WIB hingga pukul 19.25 WIB.

Pihak maskapai meyakini peresmian Bandara Halim Perdanakusuma sebagai bandara komersial akan menguntungkan bagi pihak maskapai.

Pewarta: Rangga
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014