Ashton menerima undangan terbuka dari Zarif untuk melakukan kunjungan ke Iran setiap saat dia mau,"
Teheran (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengundang Kepala urusan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton mengunjungi republik Islam itu, kata kantor berita Mehr mengutip wakilnya pada Sabtu.

"Ashton menerima undangan terbuka dari Zarif untuk melakukan kunjungan ke Iran setiap saat dia mau," kata Abbas Araqchi, wakil perunding dalam pembicaraan dalam sengketa program nuklir Iran, tanpa memberikan tanggal untuk perjalanan itu.

Iran dan negara-negara kuat dunia Jumat menyepakati tentang bagaimana menerapkan kesepakatan bersejarah mengenai kandungan program nuklir Tehran, tetapi masih harus disetujui oleh masing-masing negara sebelum dapat diberlakukan.

"Perundingan dilakukan dalam suasana saling pemahaman dan kami menemukan solusi untuk semua tiga poin ketidaksepakatan, tetapi ibu kota harus memutuskan apakah mereka menerima atau menolak solusi," kata Araqchi.

Berdasarkan kesepakatan merebut pada November, Teheran setuju untuk mengekang bagian nuklir selama enam bulan dalam pertukaran untuk menerima bantuan sederhana dari sanksi internasional dan janji oleh kekuatan Barat untuk tidak memaksakan tindakan baru terhadap perekonomiannya yang terhantam.

Dua hari pembicaraan perunding tingkat tinggi Iran dan Uni Eropa berakhir di Jenewa Jumat dengan "kemajuan yang sangat baik pada semua isu terkait," kata Michael Mann, juru bicara kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton.

Ashton mewakili apa yang disebut kelompok kekuatan dunia P5+1 - Inggris, China, Prancis, Jerman, Rusia dan Amerika Serikat - pada perundingan nuklir dengan Iran selama sepuluh tahun, demikian AFP.
(H-AK)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014