Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan melakukan perjalanan ke Toluca, Meksiko pada 19 Februari untuk pertemuan puncak pemimpin Amerika Utara, kata Gedung Putih Senin.

Pertemuan ini, menurut AFP, akan diselenggarakan oleh Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto dan juga Perdana Menteri Kanada Stephen Harper.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan, pembicaraan akan fokus pada "berbagai isu penting untuk kehidupan sehari-hari semua rakyat di Amerika Utara, termasuk daya saing ekonomi, kewirausahaan, perdagangan dan investasi, serta keamanan warga."

Pembicaraan-pembicaraan itu akan menandai kunjungan pertama Obama ke Meksiko sejak hubungan antara kedua negara tetangga itu dibingungkan oleh tuduhan-tuduhan buronan kontraktor intelijen AS Edward Snowden bahwa US memata-matai terhadap para pemimpin Meksiko.

Klaim bahwa Badan Keamanan Nasional AS memata-matai Pena Nieto dan pendahulunya telah memalukan Amerika Serikat.

Kementerian Luar Negeri Meksiko mengatakan bahwa Obama dan Pena Nieto telah berbicara melalui telepon pada Senin pagi, dan pemimpin AS memuji rekannya itu atas reformasi yang dilakukan selama tahun pertama pemerintahannya.

Sejak Pena Nieto dilantik pada Desember 2012, ia telah mendorong serangkaian reformasi di bidang pendidikan, telekomunikasi dan sektor keuangan.

Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014