Jakarta (ANTARA News) - Nominasi Oscar telah membuat sejumlah film Hollywood yang menjadi calon Film Terbaik tahun ini kian laris di bioskop-bioskop, setidaknya di Amerika Utara.

"American Hustle" karya sutradara David O. Russell yang dibintangi Christian Bale, Bradley Cooper, Amy Adams dan Jennifer Lawrence mengantongi 10,6 juta dolar AS dari tiga hari penjualan tiket pekan lalu.  Diperkirakan sampai Senin waktu AS nanti bakal meraup total pendapatan domestik 118 juta dolar AS.

"August; Osage County" yang dibintangi Meryl Streep dan Julia Roberts yang keduanya nomini Oscar tahun ini, mengeduk 7,6 juta dolar AS atau naik 6 persen dari pekan sebelumnya.  Total pendapatan domestiknya diperkirakan akan mencapai 19,8 juta dolar AS.

Film garapan sutradara Martin Scorsese. "Wolf of Wall Street", naik 15 persen dari sepekan sebelum itu, dengan meraup 7,5 juta dolar AS.  Secara global film ini sudah mencetak pemasukan 150 juta dolar AS.

Namun raupan pendapatan tiket film "Her" turun 24 persen menjadi 4,1 juta dolar AS.  Begitu juga "Philomena" turun 11 persen dan diperkirakan total penjualan domestiknya akan mencapai 24,3 juta dolar AS.

"Gravity" yang sudah tayang sejak lama, masih meraup penjualan tiket 2,2 juta dolar AS sepanjang pekan lalu.  Demikian juga "12 Years a Slave" yang masih mampu mencetak 1,8 juta dolar AS lagi.

"Dallas Buyers Club" mendapat tambahan 917 ribu dolar AS sepanjang akhir pekan lalu, sedangkan "Nebraska" mendapat 940 ribu dolar AS sehingga total domestiknya menjadi 9,7 dolar AS.

Yang paling sedikit mendapatkan suntikan sentimen Oscar adalah "Captain Phillips" dengan hanya mendapatkan 550 ribu dolar AS, namun total pendapatan domestiknya sudah 105,7 juta dolar AS sedangkan dari seluruh dunia meraup 215,3 juta dolar AS, demikian Hollywood Reporter.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014