Kalau jadwalnya helikopter tersebut telah mendarat di Long Bawan (Krayan) pada pukul 14.33 Wita,"
Nunukan (ANTARA News) - Komandan Kodim 0911 Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara, Letkol Inf Putra Widiastawa mengungkapkan pesawat helikopter yang mengangkut prajurit Satgas Pamtas Yonif 100/Raider dijadwalkan mendarat di Long Bawan Kecamatan Krayan Rabu pukul 14.33 Wita.

"Kalau jadwalnya helikopter tersebut telah mendarat di Long Bawan (Krayan) pada pukul 14.33 Wita," katanya melalui pesan singkat kepada Antara di Nunukan, Rabu malam.

Namun kata dia, sampai pukul 16.00 Wita, pesawat yang mengangkut tujuh prajurit satgas pamtas tersebut belum juga mendarat di wilayah itu yang berbatasan langsung dengan Negeri Sarawak Malaysia.

Komandan Kodim 0911/Nunukan ini menambahkan, keberadaan pesawat helikopter jenis Bell 412 EP dengan nomor flight HA-5166 ini yang seharusnya telah berada di Bandara Juwata Kota Tarakan Kalimantan Utara sebelum malam itu kehilangan kontak dan belum diketahui keberadaan sampai pukul 23.10 Wita.

"Untuk sementara informasi yang bisa kami sampaikan pesawat helikopter tersebut kehilangan kontak. Soal mengalami kecelakaan kami belum mendapatkan kepastian," ujar dia.

Informasi dari Perwira Seksi Intelijen Satgas Pamtas Yonif 100/Raider, Lettu Inf Bayu Adhi di Nunukan, Rabu malam menjelaskan, hasil komunikasi dengan Bandara Juwata Kota Tarakan bahwa masih mendapatkan informasi dari co-pilot Letda CPn M Kholiq sekitar pukul 17.00 Wita.

Pesawat yang meninggalkan Bandara Juwata Kota Tarakan sekitar pukul 13.25 Wita tersebut dengan pilot Kapten CPn Paul Simatupang dengan Serka Kasnianto ini bersama tujuh prajurit Satgas Pamtas Yonif 100/Raider tujuan Pos Perbatasan Indonesia-Malaysia di Long Bawan Kecamatan Krayan yang akan ditempatkan di sejumlah pos perbatasan terdekat.

Bayu Adhi menambahkan, akibat hilangnya kontak tersebut pihaknya masih terus mencari dan menunggu informasi sekaitan dengan keberadaan helikopter yang juga mengangkut logistik untuk kebutuhan prajurit pamtas di wilayah itu sebanyak 600 kilogram.

Informasi lainnya yang diperoleh Antara yakni dari Perwira Seksi Teritorial Satgas Pamtas Yonif 100/Raider, Lettu Inf Abraham Prihadi bahwa prajurit dari Koramil 02 Mentarang, sempat melihat helikopter tersebut melintas di daerah Long Sulit dan Long Berang saat dalam cuaca hujan gerimis.

Nama-nama prajurit TNI AD dari Satgas Pamtas Yonif 100/Raider yang ikut pada pesawat itu adalah Sertu Eliandy Saragih, Kopda Rudianto, Kopda Said Kelihu, Kopda Heri Purnomo, Pratu Feri Kurniawan, Praka Tri Gunardi dan Prada Jeki.
(KR-MRN/R021)

Pewarta: M Rusman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014