Old Trafford (ANTARA News) - Sunderland sukses melaju ke final Piala Liga (Capital One Cup) setelah memenangi drama adu penalti atas Manchester United di Stadion Old Trafford, Kamis pagi WIB.

Sunderland memenangkan adu penalti dengan skor akhir 2-1, hanya tiga gol yang bersarang ke gawang karena baik kiper United Dea Gea maupun penjaga gawang Sunderland Mannone sama-sama tampil mengesankan.

United memastikan tersingkir setelah penendang terakhir, Rafael, gagal mengelabuhi Mannone, sementara dari empat eksekutor sebelumnya hanya penendang kedua, Darren Flecher, yang bisa menembus hadangan Mannone.

Bola sepakan penendang pertama United, Danny Welbeck, dengan mudah ditangkap kiper Sunderland, demikian juga tendangan Januzaj, sebelum menyusul kegagalan Phil Jones dengan bola tendangannya melambung jauh di atas gawang.

Pahlawan Sunderland dalam drama panjang di Old Trafford kali ini jelas adalah sang penjaga gawang Vito Mannone.

Bukan hanya dalam adu penalti, sepanjang pertandingan Mannone sedikitnya tiga kali menyelamatkan gawangnya, dari ancaman sundulan Javi Hernandez, sepakan Kagawa, dan menyusul kemudian menghadang bola tendangan Welbeck, selain bola lemah tendangan Januzaj.

Kiper Manchester United De Dea juga sudah menampilkan kemampuan terbaiknya, mungkin bisa mengatar ke keadaan berbeda jika saja tendangan eksekutor penalti keempat tuan rumah Phil Jones tidak melambung jauh di atas gawang.

Dea Gea telah menghadang dengan baik bola tendangan dua eksekutor penalti Sunderland, Adam Johnson dan Steven Fletcher, sementara tendangan algojo terakhir Sunderland Craig Gardner melenceng.

Sebelum adu penalti, Sunderland dan Manchester United terlibat dalam pertarungan menegangkan juga tak kalah dramatisnya dalam dua kali 15 menit babak perpanjangan waktu.

Adu penalti harus dilakoni kedua tim setelah Javi Hernandez pada menit akhir dua kali 15 menit perpanjangan waktu mencetak gol untuk menyamai agregat menjadi 3-3.

Gol Hernandez menit 121 itu telah menggagalkan perayaan Sunderland yang sudah di ujung kemenangan berkat gol Philip Bardsley menit 119.

Dalam dua kali 45 menit pertandingan, babak pertama dan babak kedua, hanya tercipta satu gol oleh Jonathan Evans pada menit 37 untuk mengantar Manchester United menyamai agregat gol 2-2.

Namun, perjalanan panjang melelahkan Manchester United harus berakhir dengan kekecewaan, ongkos yang harus dibayar dari penampilan kurang apik pertandingan leg pertama di kandang Sunderland saat mereka kalah 1-2 dari tuan rumah.

Dengan kemenangan leg kedua di Old Trafford, Sunderland sudah ditunggu calon lawannya pada final nanti, Manchester City, yang pada semifinal tampil mengagumkan dengan kemenangan agregat 9-0 atas West Ham United.

Kemengangan agregat 9-0 diraih City dari kemenangan 6-0 leg pertama dan 3-0 kemenangan laga leg kedua.

Berikut hasil adu penalti antara Manchester United lawan Sunderland mengutip laporan pertandingan live laman ESPN:

Manchester United
(1)
1. Danny Welbeck (gagal)
2. Darren Fletcher (masuk)
3. Adnan Januzaj (gagal)
4. Phil Jones (melenceng)
5. Rafael (gagal).

Sunderland (2)
1. Adam Johnson (gagal)
2. Ki Sung-Yueng (masuk)
3. Marcos Alonso (masuk)
4. Steven Fletcher (gagal)
5. Craig Gardner (melenceng).

Line-up

Sunderland

25 Vito Mannone, 2 Phillip Bardsley, 5 Wes Brown, 16 John O'Shea, 28 Marcos Alonso, 4 Ki Sung-Yueng, 11 Adam Johnson, 14 Jack Colback, 31 Fabio Borini, 33 Lee Cattermole, 9 Steven Fletcher.

Manchester United
1 David De Gea, 2 Rafael, 6 Jonathan Evans, 12 Chris Smalling, 28 Alexander Büttner, 16 Michael Carrick, 19 Danny Welbeck, 24 Darren Fletcher, 26 Shinji Kagawa, 44 Adnan Januzaj, 14 Javier Hernández.
 

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014