Cilacap (ANTARA News) - Warga Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dikejutkan oleh gempa bumi yang terjadi hari ini sekitar pukul 12.14 WIB.

Dari pantauan di Desa Kalikudi, Kecamatan Adipala, Cilacap, puluhan warga berlarian keluar rumah sambil berteriak bahwa gempa telah terjadi.

Seorang ibu rumah tangga memukul-mukul bambu sambil meneriakkan takbir, sedangkan Maryam yang juga ibu rumah tangga, mengaku terkejut.

"Saat itu, saya sedang salat, tiba-tiba terasa ada guncangan yang sangat kuat. Saya pun segera lari keluar rumah," katanya.

Warga lainnya, Nenden, merasakan gempa bumi ini sangat kuat karena tanah terlihat seperti bergelombang.

"Kebetulan saya sedang menjemur pakaian, tiba-tiba terasa ada guncangan dan tanah terlihat bergelombang. Saya pun langsung berteriak kalau ada gempa sambil masuk rumah untuk mengambil anak saya yang masih bayi," katanya.

Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan bahwa gempa tersebut terjadi pukul 12.14.20 WIB dan berkekuatan 6,5 Skala Richter dengan pusat gempa di 8,48 derajat lintang selatan dan 109,17 derajat bujur timur atau 140 kilometer barat daya Kebumen dengan kedalaman 48 kilometer.

"Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami," katanya.

Saat ditanya mengenai gempa susulan yang terjadi sekitar pukul 12.35 WIB, dia mengaku tidak merekamnya, namun dia tidak menepis kemungkinan ada susulan dengan kekuatan lebih kecil dari gempa sebelumnya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014