Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan perangkat lunak Microsoft membantu Blue Bird Group menyediakan layanan reservasi taksi melalui aplikasi Blue Bird Taxi Mobile Reservation (TMR) untuk komputer desktop dan tablet Windows 8.

Blue Bird Taxi Mobile Reservation memungkinkan pelanggan memesan taksi melalui perangkat berbasis Windows 8 dan Windows Phone.

Aplikasi ini memberi kemudahan kepada pelanggan karena menghemat waktu serta biaya pembicaraan dibanding memesan melalui telepon.

Blue Bird Taxi Mobile Reservation juga memungkinkan sistem reservasi dan tracking yang lebih luas sehingga mampu melayani jumlah pelanggan yang lebih besar.

"Blue Bird terus melakukan pembenahan dan inovasi di berbagai layanan transportasinya untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan," kata Noni Purnomo, Presiden Direktur Blue Bird Group Holding dalam keterangan persnya di Jakarta hari ini.

Noni mengatakan, saat ini total pemesan taksi Blue Bird mencapai 30 ribu order per hari dan enam ribu di antaranya memesan menggunakan aplikasi ponsel pintar.

"Enam ribu pemesan dari mobile aplikasi itu datang dari semua platform, sebelum ada di Windows kami sudah ada di BlackBerry, Android dan iOS. Pemesan dari BlackBerry malah yang terbesar, mencapai 45 persen dari enam ribu itu," kata Noni.

Tony Andrianto, Senior Manager Corporate Image Blue Bird Group mengatakan dengan menggunakan aplikasi Taxi Mobile Reservation pelanggan bisa lebih cepat mendapatkan taksi daripada harus menghubungi call-center terlebih dahulu.

"Menggunakan Taxi Mobile Reservation memesan taksi belum pernah semudah ini. Mobile Aplikasi memangkas birokrasi dari pelanggan ke call center, " kata Tony Andrianto, Senior Manager Corporate Image Blue Bird Group di Jakarta hari ini.

"Dengan sistem reservasi melalui perangkat PC Windows atau Windows Phone, aplikasi ini bekerja tanpa melalui call-center karena pesanan dikirim langsung ke armada taksi terdekat, prosesnya lebih cepat dan efisien," kata Tony.

Lucky Gani, Business Group Head Microsoft Indonesia menambahkan aplikasi Taxi Mobile Reservation bisa diunduh gratis di Windows Store untuk semua perangkat desktop, notebook dan tablet Windows 8.

"Dalam aplikasi ini juga akan terekam riwayat pemesanan yang tersinkronisasi dengan akun pribadi yang anda masukan ketika melakukan registrasi," pungkas Lucky Gani.

Saat ini layanan Taxi Mobile Reservation baru tersedia di Jakarta, Medan dan Semarang namun pihak Blue Bird akan mengembangkan untuk kota lainnya.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014