Madrid (ANTARA News) - Real Madrid mencatat langkah besar guna mencapai final Copa del Rey atau Piala Raja setelah menghancurkan seteru sekotanya Atletico Madrid  3-0 yang dua diantaranya gol bunuh diri pada leg pertama semifinal Piala Raja beberapa saat lalu.

Barcelona juga memenangi semifinal leg pertamanya setelah mengalahkan Real Sociedad 2-0 di Camp Nou.

Atletico yang mengalahkan Real di Santiago Bernabeu pada final turnamen ini tahun lalu, sudah ketinggalan 0-1 sejak menit 17 ketika upaya Pepe memantul ke badan Emiliano Insua yang malah masuk ke gawang sendiri.

Jese Rodriguez yang turun menggantikan Gareth Bale yang urung bermain karena cedera, menggandakan kemenangan Real setelah memanfaatkan umpan Angel di Maria sebelum babak kedua berakhir.

Di Maria kembali andil dalam gol ketiga Real ketika tendangannya dipantulkan tanpa sengaja oleh bek Atletico Miranda untuk masuk ke gawang sendiri pada 17 menit menjelang pertandingan usai.

Kekalahan ini mengakhiri rekor 24 pertandingan tak terkalahkan Atletico yang harus bangkit di kandangnya sendiri di Vicente Calderon pekan depan.

"Saya sungguh puas. Kami melakukan segalanya dengan baik.  Saya berharap tim bisa selalu bermain seperti malam ini," kata Carlo Ancelotti.

Sedangkan pelatih Atletico Diego Simeone berkata, "Saya kira Real Madrid bermain sangat bagus. Kami masih punya 90 menit untuk dimainkan dan apa pun bisa terjadi dalam sepakbola.

Dalam pertandingan lain, Barcelona juga mendapat keberuntungan seperti Real ketika gol bunuh diri kiper Enaut Zubikarai menggandakan keunggulan semula 1-0 dari gol Sergio Busquets, melawan Sociedad yang bermain dengan sepuluh orang.

Lionel Messi kembali dilanda paceklik gol dengan memasuki pertandingan kelima tanpa membuat gol, namun dia nyaris menciptakan gol dari tendangan bebas yang indah.

Demikian juga dengan Carlos Vela yang upaya golnya dimentahkan Jose Manuel Pinto.

Semenit kemudian Busquets menciptakan gol pembuka Barca, lalu Inigo Martinez menerima kartu merah karena memprotes wasit terlalu jauh.

Kelebihan satu pemain membuat Barca makin bernafsu menciptakan gol namun hanya mendapatkan satu tambahan gol keberuntungan ketika upaya Zubikarai menghalau bola dari sepakan Gorka Elustondo malah masuk ke gawangnya sendiri, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014