Ia (Hazard) pemain cemerlang, begitu istimewa. Kepribadiannya relatif stabil. Hazard kuat secara fisik dan mental. Ia punya motivasi tinggi meraih kemenangan, dan ia pemain bertanggungjawab
West Bromwich (ANTARA News) - Chelsea tidak ingin begitu saja melepas kesempatan meraih posisi pertama di klasemen Liga Inggris (Premier League) dengan mengalahkan West Brom.

The Blues berkunjung ke stadion The Hawthorns, markas West Brom dalam duel Liga Inggris yang digelar pada Rabu dini hari, atau pukul 03.00 WIB.

Pelatih Chelsea Jose Mourinho terus memompa semangat pasukannya. Pelatih asal Portugal itu memotivasi John Terry dan kawan-kawan agar menggantungkan cita-cita setinggi langit. Hasilnya, mereka tidak terkalahkan dalam 10 pertandingan sebagai upaya mewujudkan optimisme itu.

The Special One, julukan bagi Mourinho, akhirnya mampu menyihir Eden Hazard. Pemain asal Belgia ini mencetak hattrick ke gawang Newcastle di Stamford Bridge pada laga Sabtu pekan lalu.

Chelsea jelas-jelas kini sedang berada di atas angin dalam 13 laga ke depan. Liverpool melibas  Arsenal 5-1, sementara Manchester Cuty dipaksa imbang ketika meladeni Norwich City.

Semangat pasukan Mourinho terdongkrak karena balatentara West Brom di bawah asuhan pelatih Pepe Mel terancam terlempar ke zona degradasi. Dan salah satu pemain andalan Chelsea, Fernando Torres disebut-sebut bakal diturunkan melawan West Brom.

Bek West Brom, Billy Jones belum pulih benar karena ia masih dibekap cedera lutut. Ia sedang menjalani terapi penyembuhan pada Selasa pagi waktu setempat. Pepe Mel besar kemungkinan menurunkan Thievy Bifouma yang melakukan debut dengan mencetak gol ketika melawan Crystal Palace.

Di lini pertahanan Chelsea, John Terry belum siap benar karena masih mengalami cedera otot yang ia alami ketika turun bertanding pada pekan lalu. Mou berharap Terry dapat turun memperkuat timnya untuk melakoni laga Piala  FA melawan Manchester City pada Sabtu.

Skuad asuhan Pepe Mel kembali turun bertanding tanpa diperkuat oleh Nicolas Anelka, Jonas Olsson dan Stephane Sessegnon.

Data fakta kedua tim:

West Brom:
* West Brom di bawah asuhan Pepe Mel beroleh hasil negatif dengan tidak pernah meraih kemenangan dalam empat laga, dan hanya sekali menang dalam 15 pertandingan di ajang Liga Inggris.
* Penggawa asuhan Mel kini berada di peringkat ke-18 klasemen Liga Inggris dengan meraih 23 poin dan terancam terkena degradasi.
* Dengan menjalani 13 laga ke depan, The Baggies wajib meraih hasil maksimal agar dapat bertahan di Liga Inggris musim depan.
* Dalam pertemuan pertama Liga Inggris pada November lalu, West Brom mampu memaksa imbang Chelsea 2-2 di Stamford Bridge.

Chelsea:   
* Chelsea meraih tujuh "clean sheets" dalam sembilan laga, mencakup empat pertandingan tandang. The Blues hanya kemasukan enam gol. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan capaian musim lalu di ajang Liga Inggris.
* Sebagai pencetak gol terbanyak di kubu Chelsea, Eden Hazard berpeluang menambah koleksi gol yang ia lesakkan ketika bertanding tandang ke West Brom. Dengan begitu, ia menyegel posisi The Blues di puncak klasemen.
* The Blues telah menjaringkan 11 gol dari luar kotak penalti selama musim ini di ajang Liga Inggris, selebihnya dicetak dari sisi lain lapangan.

Komentar dua pelatih:
 
Pepe Mel (West Bromwich Albion):
"Besar kemungkinan meraih kemenangan. Saya pernah menelpon ketika Mourinho masih melatih Real Madrid dan saya melatih Betis. Ketika itu kami mengalahkan mereka, 1-0. Kenyataan itu diharapkan mampu memotivasi para pemain West Brom. Ini sama halnya ketika Fulham menahan imbang Manchester United (2-2 pada laga Minggu)."

"Penting bagi kami untuk menyaksikan pertandingan, mengapa hal serupa tidak juga akan kami lakukan pada pertandingan besok?"

"Motivasi terbaik manakala melawan Chelsea adalah melihat bahwa Chelsea punya sejumlah pemain cemerlang. Mereka kini berada di puncak klasemen. Masalah yang kami hadapi ketika melawan Chelsea, bahwa mereka diperkuat oleh sederet pemain berkelas, sebut saja Hazard, Willian, Oscar, (Fernando) Torres, (Samuel) Eto'o."

"Bagi kami, Hazard menjadi salah satu dari lima pemain terbaik di dunia. Ia pemain yang sangat baik, dan Chelsea menjadi favorit menjadi juara Liga Inggris. Pertandingan melawan West Brom akan berlangsung sangat ketat."

"Kami perlu berkonsentrasi selama 90 menit di lapangan. Jika saja kami mampu tampil baik selama 40 atau 60 menit saja, maka bukan tidik mungkin kami mengalahkan Chelsea. Saya ingin para pemain tampil dalam kebersamaan, baik ketika menyerang maupun bertahan."

Jose Mourinho (Chelsea):
"Tidak akan mengecewakan jika kami tidak finis di peringkat teratas klasemen. Saya bakal kecewa jika tim asuhan saya tidak mampu tampil sesuai dengan porsi semestinya. Jika kami tidak menang besok (melawan West Brom), itu semata-mata bukan soal memperebutkan gelar."

"Apakah dengan begitu saya ingin meraih posisi teratas di liga? Tentu saja saya ingin. Saya tidak tahu berapa banyak poin yang diperlukan untuk sampai meraih posisi teratas. Setiap tim yang tergabung dalam liga bakal saling bersaing secara ketat."

"Ia (Hazard) pemain cemerlang, begitu istimewa. Kepribadiannya relatif stabil. Hazard kuat secara fisik dan mental. Ia punya motivasi tinggi meraih kemenangan, dan ia pemain bertanggungjawab."

Prakiraan susunan pemain:

West Brom (4-2-3-1):

Foster (penjaga gawang), Ridgewell, Dawson, McAuley, Jones, Brunt, Yacob, Mulumbu, Anicheba, Gera, Morrison
Pemain cadangan:
Myhill, Lugano, Reid, Berahino, Bifouma, Sinclair, Vydra

Chelsea (4-2-3-1):
Cech (penjaga gawang), Ivanovic, Terry, Cahill, Azplicueta, Lampard, Matic, Willian, Oscar, Hazard, Eto'o
Pemain cadangan:
Schwarzer, Cole, Luiz, Ramiers,Salah, Schurrle, Demba Ba

Prediksi hasil laga (Goal.com):    
* West Bromwich Albion 0-2 Chelsea FC (21,34 persen)
* West Bromwich Albion 0-3 Chelsea FC (20,83 persen)
* West Bromwich Albion 0-4 Chelsea FC (13,32 persen)

Head to Head
England Premier League ‎EPL)
9  Nov 2013     Chelsea FC 2 - West Bromwich Albion 2     
2  Mar 2013     Chelsea FC 1 - West Bromwich Albion 0     
17 Nov 2012     West Bromwich Albion 2 - Chelsea FC 1     
3  Mar  2012     West Bromwich Albion 1 - Chelsea FC 0     
20 Aug 2011     Chelsea FC 2 - West Bromwich Albion 1     

Lima laga terakhir:   

West Bromwich Albion
8 Feb 2014    Crystal Palace 3 - West Bromwich Albion 1    EPL
2 Feb 2014    West Bromwich Albion 1 - Liverpool 1    EPL
29 Jan 2014    Aston Villa 4 - West Bromwich Albion 3    EPL
20 Jan 2014    West Bromwich Albion 1 - Everton 1    EPL
11 Jan 2014    Southampton 1 - West Bromwich Albion 0    EPL

Chelsea FC
8 Feb 2014    Chelsea FC 3 - Newcastle 0    EPL
3 Feb 2014    Manchester City FC 0 - Chelsea FC 1    EPL
29 Jan 2014    Chelsea FC 0 - West Ham 0    EPL
26 Jan 2014    Chelsea FC 1 - Stoke 0    FA
19 Jan 2014    Chelsea FC 3 - Man Utd. 1    EPL

Narasi prediksi:
* Chelsea bakal tampil beringas karena termotivasi ekstra dengan hasil laga yang mengejutkan pada pekan lalu, dengan kekalahan memalukan Arsenal dari Liverpool, dan tertahannya laju Manchester City.
* Penampilan Eden Hazard demikian fantastis. Ia tengah berada dalam penampilan terbaik bagi Chelsea, hanya saja The Blues bukan dia saja. Nemanja Matic diharapkan tampil maksimal, dan keseluruhan pasukan asuhan Mourinho siap unjuk gigi di markas West Brom.
* Mourinho agaknya tidak terlalu cemas dengan lini pertahanan tim asuhannya. Ini lantaran Chelsea terus berkutat di posisi pertama klasemen Liga Inggris.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
West Brom: 0
Chelsea: 3

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014