Ayo dipakai maskernya, hati-hati berkendara di jalan
Surabaya (ANTARA News) - Walikota Surabaya Tri Rismaharini ikut membagikan ribuan masker kepada para pengguna jalan ke sejumlah lokasi di Kota Pahlawan, Jumat, yang terkena dampak abu vulkanik Gunung Kelud.

Tindakan walikota dengan turun langsung ke beberapa lokasi karena hampir semua ruas jalanan di Surabaya tertutup oleh debu sehingga jarak pandang juga tidak sejauh biasanya.

"Ayo dipakai maskernya, hati-hati berkendara di jalan," kata walikota Risma ketika membagikan masker kepada pengendara sepeda motor di Jalan Raya Darmo.

Selain Jalan Raya Darmo, Walikota bersama dengan sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan juga petugas Puskemas, membagikan masker ke Jalan Diponegoro, Jalan Pemuda, Jalan Prof Moestopo dan di Jalan Kertajaya.

Walikota langsung memerintahkan kepada Satuan Pelaksana (Satlak) Penanggulangan Bencana Kota Surabaya untuk segera melakukan tindakan cepat dengan memberikan bantuan kepada warga yang terkena dampak erupsi Kelud.

Selain itu ia menginstruksikan agar seluruh petugas Puskemas di Kota Surabaya siap memberikan bantuan bila ada warga yang mengeluhkan pernafasan.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Muhamad Fikser yang ikut mendampingi walikota dalam kegiatan sosial tersebut mengatakan, ada sekitar 10 ribu dos di mana satu dos berisi 50 masker yang dibagikan kepada warga. Bahkan, wali kota kemudian menambah lagi sekitar 50 dos karena tingginya respons masyarakat.

"Respons warga luar biasa dan langsung memakai maskernya. Mereka senang karena Pemkot Surabaya mengambil langkah efektif dengan turun langsung. Masker ini juga sangat membantu warga. Apalagi di apotek habis dan ini dibagikan gratis oleh ibu wali," katanya.

Pemerintah Kota Surabaya juga langsung memberikan bantuan kemanusiaan ke Blitar dan Kediri pada Jumat ini. Rombongan penyalur bantuan berangkat ke Blitar dan Kediri sekitar pukul 10.00 WIB.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014