Apakah kami percaya diri? Ya tentu, saya yakin mereka juga percaya diri. Apakah mereka cemas? saya yakin demikian, meski kami juga cemas
Manchester (ANTARA News) - Dua kandidat juara Liga Inggris (Premier League) masing-masing Manchester City dan Chelsea sama-sama beradu dalam duel di babak V Piala FA. Kedua tim sama-sama menyimpan bara rivalitas yang siap meletup ke segala penjuru jagad bola.

Pertarungan The Citizens melawan The Blues kembali digelar di Etihad Stadium pada Sabtu (15/2) atau Minggu dini hari, pukul 00.15 WIB.

Dua pekan lalu, Manchester City kalah 0-1 dari Chelsea di Etihad Stadium pada pekan ke-24 laga Liga Inggris. Dan pelatih Chelsea, Jose Mourinho kemudian mengumbar perang urat syaraf dengan memosisikan anak asuhannya sebagai kuda kecil, sementara klub lainnya sebagai kuda besar bahkan jaguar.

Ketika Chelsea mengalahkan City pada pertandingan itu, penamipilan anak asuhan Mourinho demikian padu dan bersemangat utamanya ketika melancarkan serangan balik.

Kalau setiap pertandingan punya jalan cerita masing-masing, maka kedua tim kini dituntut berkonsentrasi penuh baik dalam bertahan maupun menyerang.

Anak asuhan pelatih Manuel Pellegrini punya waktu istirahat relatif lebih lama menyusul penundaan jadwal pertandingan melawan Sunderland di ajang Liga Inggris. Penundaan itu muncul akibat cuaca buruk yang melanda hampir sebagian Inggris.

Sedangkan Chelsea dilanda frustrasi karena ditahan imbang 1-1 oleh Bromwich Albion di stadion Hawthorns. Frustrasi karena Chelsea sempat memuncaki klasemen Liga Inggris dan tidak pernah mengalami kekalahan dalam 12 laga terakhir di semua kompetisi.

Sementara City di bawah asuhan Pellegrini kini bertengger di posisi ketiga dalam perebutan mahkota Liga Inggris, berada di bawah Chelsea dan Arsenal.

City bukan tanpa masalah. Sosok berpredikat top scorer bagi City, Sergio Aguero kini sedang mengalami cedera hamstring, sementara galandang Fernandinho masih dibekap cedera bahi, dan bek tengah Matija Nastasic (cedera lutut). Mereka ini tentu tidak dapat memperkuat timnya ketika melawan Chelsea.

Duet gelandang city, Samir Nasri dan Javi Garcia telah kembali berlatih setelah sebelumnya mereka mengalami cedera lutut, meski kedua pemain ini belum tentu benar turun bertanding melawan skuad The Blues.

Anak buah Mourinho ingin menghapus kenangan buruk ketika gol semata wayang Ivanovic akhirnya disamakan oleh pemain Bromwich Albion, Anichebe.

Chelsea mengukir sukses ketika mengikuti kompetisi sepak bola tertua ini dalam beberapa tahun belakangan. Mereka mampu keluar sebagai juara sebanyak empat kali dalam tujuh kali laga final. Kali terakhir Chelsea memenangi Piala FA pada 2012, dengan menundukkan Liverpool 2-1 di stadion Wembley.

Kapten Chelsea Jihn Terry siap diturunkan Mourinho setelah sebelumnya pemain senior itu mengalami cedera otot, sementara Gary Cahill sedang berjuang dengan cedera betis.

Data dan fakta kedua tim:
* Ini laga kelima dari kedua tim sepanjang sejarah duel di ajang Piala FA. Manchester City meraih tiga kali menang, dan Chelsea sekali saja.
* Manchester City telah memenangi trofi untuk kali kelima ketika mereka mengalahkan Stoke pada 2011. Mereka kali pertama merebut Piala FA pada 1904.
* The Blues mengukir 25 kali kemenangan dan enam kali imbang dalam 32 laga terakhir mereka di ajang Piala FA.
* Chelsea  satu-satu tim asal Inggris yang mampu meraih kemenangan di Etihad Stadium musim ini. Mereka menang 1-0 di awal bulan ini di ajang Liga Inggris.
* Mourinho punya rekor baik ketika berhadapan dengan Pellegrini. Pelatih asal Portugal ini meraih tujuh kali kemenangan dari sembilan pertemuan keduanya. Raihan itu dicapai ketika kedua pelatih masih berlabuh di Liga Spanyol (La Liga), ketika itu Mourinho membesut Real Madrid dan Pellegrini menukangi Malaga.

Komentar dua pelatih:

Manuel Pellegrini (Manchester City):
"Saya beranggapan bahwa pertandingan ini bakal berlangsung dalam corak bermain yang relatif sama dengan pertandingan kedua tim kali lalu, meski tidak ada yang tahu juga tim mana yang akan kalah."

"Dari pertandingan yang lain, kami tahu juga bahwa mereka tidak melulu melancarkan serangan balik dengan cepat. Jika kami tampil baik, maka kami dapat mengalahkan mereka."

Jose Mourinho (Chelsea):
"Tidak mudah juga menjalani pertandingan melawan tim yang sama, ini lantaran anda harus membaca dan mencermati pertandingan-pertandingan sebelumnya. Dengan begitu, anda dapat meningkatkan kemampuan dan mencoba melakukan analisis mengenai kekeliruan, dan kembali melakukan analisis mengenai lawan."

"Pertandingan bakal berlangsung sengit dan berimbang. Apakah kami percaya diri? Ya, saya yakin mereka juga percaya diri. Apakah mereka cemas? saya yakin demikian, meski kami juga cemas."

Prakiraan susunan pemain kedua tim:

Manchester City (4-4-2):
Pantilimon (penjaga gawang), Clichy, Demichelis, Kompany, Zabaleta, Silva, Toure, Milner, Navas, Jovetic, Dzeko
Pemain cadangan:
Hart, Kolarov, Negredo, Garcia, Lescott, Richards, Nasri

Chelsea (4-2-3-1):
Schwarzer (penjaga gawang), Azpilicueta, Luiz, Ivanovic, Cole, Lampard, Matic, Wilian, Salah, Torres, Hazard
Pemain cadangan:
Cech, Ramires, Oscar, Eto'o, Mikel, Schuerlle, Ba

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Manchester City FC 1-2 Chelsea FC (21,36 persen)
* Manchester City FC 2-1 Chelsea FC (12,26 persen)
* Manchester City FC 0-2 Chelsea FC ( 8,81 persen)

Head to Head
England Premier League (EPL)
 3 Feb 2014     Manchester City FC 0 - Chelsea FC 1     
27 Oct 2013     Chelsea FC 2 - Manchester City FC 1     

Laga persahabatan (FR)     
25 May 2013     Manchester City FC 5 - Chelsea FC 3     
24 May 2013     Chelsea FC 3 - Manchester City FC 4     

Piala FA (FA)     
14 Apr 2013     Chelsea FC 1 - Manchester City FC 2     
 
Lima laga terakhir:

Manchester City FC
8 Feb 2014    Norwich City 0 - Manchester City FC 0    EPL
3 Feb 2014    Manchester City FC 0 - Chelsea FC 1    EPL
29 Jan 2014    Tottenham 1 - Manchester City FC 5    EPL
25 Jan 2014    Manchester City FC 4 - Watford 2    FA
21 Jan 2014    West Ham 0 - Manchester City FC 3    CCUP

Chelsea FC  
11 Feb 2014    West Bromwich Albion 1 - Chelsea FC 1    EPL
 8 Feb 2014    Chelsea FC 3 - Newcastle 0    EPL
 3 Feb 2014    Manchester City FC 0 - Chelsea FC 1    EPL
29 Jan 2014    Chelsea FC 0 - West Ham 0    EPL
26 Jan 2014    Chelsea FC 1 - Stoke 0    FA

Narasi atas prediksi:
* Chelsea bakal tampil ngotot karena mereka punya bahan bakar kemenangan gol semata wayang pada awal bulan ini, meski tanpa diperkuat oleh John Terry.

* Lini pertahanan Chelsea mengandalkan Branislav Ivanovic dan David Luiz, meski Marco van Ginkel masih belum fit benar.

* Kubu Manchester City bakal mati-matian melakukan aksi balas dendam atas kekalahan mereka dari Chelsea.

* Mourinho memompa semangat juang anak buahnya agar terus tampil lebih punya motivasi menjadi juara. The Special One ingin agar pasukan asuhannya tampil bersemangat, utamanya ketika melawan City.

* Tanpa kehadiran John Terry, lini pertahanan Chelsea bakal berjuang ekstra keras karena lawan yang dihadapi pemain-pemain berkelas dari City.

* Manchester City berusaha memupuk kepercayaan diri agar mampu berbicara lantang di ajang Piala FA.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Manchester City: 1
Chelsea: 2

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014