Bandarlampung (ANTARA News) - Calon anggota legislatif perempuan dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) Devita Komalasari (37) akan memperjuangkan pertumbuhan di bidang ekonomi, terutama untuk pelaku usaha kecil dan menengah di Provinsi Lampung.

"Ekonomi kerakyatan terutama sektor UKM untuk maju sangat terbuka lebar mengingat berbagai program pemerintah untuk penguatan modal usaha pelaku UKM terus digalakkan. Karena itu jika saya terpilih menjadi anggota legsilatif akan terus mendorong sektor ekonomi kecil itu untuk penguatannya terutama di modal usaha," kata caleg perempuan Partai NasDem nomor urut 2 dari Daerah Pemilihan I Kota Bandarlampung, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengaku termotivasi untuk memajukan perekonomian di daerah itu termasuk menyuarakan aspirasi masyarakat serta menyosialisasikan visi dan misi partai.

Ia menyebutkan, pemerintah telah menggulirkan beberapa program untuk menunjang kemajuan sektor UKM tetapi belum menyentuh di level masyarakat miskin.

Karena itu, lanjutnya, perlu didorong pemberdayaan warga miskin terutama perempuan atau ibu-ibu rumah tangga melalui peningkatan ketrampilan dalam membuka usaha kecil.

"Pemerintah mengeluarkan berbagai program penunjang kemajuan sektor UKM, seperti Kredit Usaha Rakyat, program koperasi, dan lain-lain," jelasnya.

Namun demikian menurut dia, program optimalisasi tempat praktik keterampilan usaha belum menjamah seluruhnya rakyat miskin termasuk di Lampung.

Wanita kelahiran Tanjungkarang 18 Desember 1979 ini mengatakan kesempatan untuk meraih kesuksesan di sektor UKM sangat besar tapi juga harus didukung semua pihak.

Potensi lokal cukup banyak sehingga perlu ditumbuhkembangkan sehingga dapat bersaing di pasaran baik lokal maupun nasional bahkan internasional.

"Perlu terobosan untuk mengenalkan produk termasuk kualitasnya sehingga dapat bersaing dengan produksi dari daerah lain," tambahnya.

Terkait kampanye untuk mengenalkan diri, ia lebih memilih dengan cara "door to door" atau dengan sistem jaringan kelurga dekat atau kerabat.

"Kampanye terbuka cukup baik untuk lebih mengenalkan ke konstituen. Tapi cara yang efektif ya, dari pintu ke pintu," jelasnya.

Selain mengenalkan diri sebagai caleg, setiap kampanye juga dilakukan pengenalan partai termasuk visi dan misinya mengingat NasDem merupakan partai baru.

"Sebagai pengurus partai harus terus dilakukan sosialisasi untuk lebih mengenalkan lagi partai," kata Wakil Sekretaris Bidang Kesekretariatan DPW Partai NasDem Provinsi Lampung itu.

Ia menyebutkan jargon Partai NasDem, yakni Restorasi Indonesia akan terus digelorakan bertujuan memantapkan eksistensi negara, memperkuat persatuan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan rakyat, mendorong pertumbuhan ekonomi yang tinggi, mendorong keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Di sisi lain, ia mengakui tidak akan berhenti menyuarakan kepentingan masyarakat meski gagal meraih kursi legislatif. "Banyak cara untuk berbuat untuk masyarakat. Menjadi anggota legislatif memang dapat didengar ucapannya tapi itu bukan satu-satunya," ujarnya.

Ia menambahkan mencalonkan diri menjadi anggota legislatif mendapatkan dukungan baik keluarga, kerabat, famili maupun partai termasuk suami.

"Keluarga tetap menjadi prioritas utama. Saya harus tetap pintar-pintar membagi waktu," katanya pula.

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014