Jakarta (ANTARA News) - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Budiman menerima  penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) atas keberhasilan kesatuannya menangani dampak letusan Gunung Kelud di Jawa Timur.

"Atas pengamatan yang telah dilakukan, kami berikan penghargaan MURI kepada Kasad atas kinerja penanggulangan bencana Kelud bernama 'Karsa dan Karya Kemanusiaan Penanggulangan Paripurna Dampak Erupsi Gunung Kelud'," kata pendiri MURI Jaya Suprana pada acara silaturahmi antara TNI Angkatan Darat dengan Komponen Masyarakat di Markas Besar Angkatan Darat Jakarta, Jumat.

MURI mencatat TNI Angkatan Darat telah membangun kembali sekitar 1.583 rumah serta membangun pipa saluran air bersih sepanjang 13,5 kilometer yang rusak akibat bencana tersebut.

"Penghargaan ini kami anugerahkan kepada Kasad dan seluruh personel TNI AD yang telah membersihkan abu vulkanik serta menanggulangi dampak letusan Gunung Kelud," ujar Jaya.

"Kami menghargai rekor yang telah diberikan secara mendadak saat acara Silaturahmi TNI AD Bersama Komponen Masyarakat ini," kata Budiman.

Dia mengatakan pencapaian itu merupakan hasil kerja dari seluruh personel TNI Angkatan Darat.

"Penghargaan ini juga saya berikan kepada anggota yang bertugas di Gunung Sinabung maupun mitigasi asap di Pekanbaru yang tidak mudah ditanggulangi," tutur Budiman.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014