Ini bukan rahasia lagi bagi siapa pun bahwa Federasi Rusia akan memveto resolusi tersebut"
PBB, Amerika Serikat (ANTARA News) - Rusia akan memveto resolusi usungan Barat berisi kutukan terhadap referendum Krimea di Dewan Keamanan PBB pada pemungutan suara darurat Sabtu AS ini (Sabtu malam WIB).

"Ini bukan rahasia lagi bagi siapa pun bahwa Federasi Rusia akan memveto resolusi tersebut," kata Duta Besar Rusia di PBB Vitaly Churkin pada awal pidatonya di Dewan Keamanan PBB sebelum pemungutan suara digelar.

Sementara itu ketegangan di Eropa timur semakin meningkat yang diantaranya terlihat dari keputusan AS meningkatkan latihan militer oleh kapal perusak USS Truxtun di Laut Hitam.

Pernyataan ini disampaikan komandan kapal perang itu, Kolonel Laut Andrew Biehn kepada wartawan di atas kapal perang berpeluruh kendali dan berawak 300 orang itu yang kini berlabuh di sebuah pelabuhan di Bulgaria.

Pekan lalu USS Truxtun ambil bagian dalam latihan miiter bersama dengan kapal perang-kapal perang Rumania dan Bulgaria beberapa ratus kilometer dari pasukan Rusia yang memasuki Krimea setelah unjuk rasa Ukraina yang menggulingkan seorang presiden pro-Moskow, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014