Pekanbaru (ANTARA News) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, kembali meliburkan pelajar mulai playgroup, TK, hingga SD kelas satu sampai kelas tiga setelah seminggu sebelumnya libur, menyusul kualitas udara di daerah ini berada dalam tingkat tidak sehat.

"Kebijakan ini diambil berbeda pada sebelumnya hingga SLTP dan SLTA yang diliburkan namun kini hanya untuk tingkat playgroup dan SD kelas tiga. Besok anak-anak akan mengikuti ujian tengah semester," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Prof Zulfadil di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, pelaksanaan ujian tengah semester digelar Selasa esok (18/3) dengan harapan kondisi cuaca di daerah ini makin membaik sehingga kebijakan libur pelajar diyakini tidak berlanjut selama tiga hari.

"Khusus untuk pelajar kelas empat dan siswa SLTP dan SLTA serta para guru yang berada di sekolah tetap menggunakan masker untuk menghindari partikel-partikel berbahaya yang bisa merusak kesehatan," katanya.

Awida Roose, Kepala Seksi Pengamatan Penyakit, Wabah dan KLB, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, menyebutk udara Pekanbaru berada dalam kondisi "tidak sehat".

Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) dengan particulate matter (PM 10) menunjukan kondisi tidak sehat dengan kini mencapai 119, kemudian sulfurdioksida (SO2) 54, karbonmonoksida (CO) sekitar 19, Ozon (O3) sekitar 24 dan nitrogen dioksida (NO2) sekitar 2.

Pewarta: Frislidia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014