Jakarta (ANTARA News) - Aktor cilik Aji Santosa berlatih "nyeker" alias tidak beralas kaki demi memerankan Dahlan Iskan di masa kecil dalam film "Sepatu Dahlan". 

Film yang disadur dari novel berjudul sama itu mengisahkan kehidupan Dahlan kecil yang sederhana dan sepatu merupakan barang mewah yang jadi impiannya.

Aktor yang akrab dipanggil Osa itu membiasakan diri tanpa alas kaki sebelum memulai syuting.

"Sebelumnya aku belajar nggak pakai alas kaki jadi sudah biasa. Kemana-mana enggak pakai alas kaki, misalnya main bola," ungkapnya usai pemutaran perdana "Sepatu Dahlan" di Jakarta, semalam.

Meski sudah membiasakan diri, ada kalanya telapak kakinya terluka karena dia harus berjalan di berbagai permukaan, mulai dari kebun tebu hingga lapangan sekolah.

"Sempat ada duri-duri yang menancap," katanya.

Anak kelahiran Jakarta 6 Juni 2002 juga sempat menemui kesulitan saat harus menembang untuk adiknya dalam sebuah adegan penuh haru biru. 

"Karena nadanya fals dikit jadi aku harus mengulang lagi, mendengarkan baik-baik rekaman nembang sampai sempat meneteskan air mata sedikit," kata dia.

Dia menghafalkan lantunan tembang Jawa yang dibuat oleh ibu kandungnya, rekaman yang sama juga menjadi bahan latihan dari aktris Kinaryosih yang berperan sebagai ibunda Dahlan.

Sebelum mendapatkan peran sebagai Dahlan Iskan di masa kecil, bocah yang bercita-cita jadi aktor itu belum pernah bertatap muka langsung dengan Dahlan Iskan.

"Ketemu Pak Dahlan saat syuting hari terakhir, aku senang langsung salam dengan bahasa Jawa bilang 'Kulo Dahlan'," ujar Osa seraya tertawa.

"Sepatu Dahlan" bukanlah debut pertama Aji Santosa. Lahir dari pasangan penari dan pelukis, Osa telah menjajal dunia akting sejak usia 3,5 tahun lewat teater. Dia sudah membintangi puluhan film pendek dan film layar lebar seperti "Serdadu Kumbang", "Sang Penari", "Tanah Surga Katanya", "Gending Sriwijaya", dan "Kita vs Korupsi".

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014