Semua konektivitas sudah terbangun tinggal dimanfaatkan oleh pemerintah,"
Palu (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi V (bidang infrastruktur dan perhubungan) DPR RI Muhidin M Said mengatakan pertumbuhan infrastruktur di Sulawesi Tengah bisa memicu daya saing provinsi ini di tingkat nasional.

Muhidin Said diwawancaraI terkait HUT ke-50 Sulawesi Tengah di Palu, Sabtu, mengatakan saat ini sejumlah pelabuhan laut di daerah terpencil di Sulawesi Tengah telah dibangun sehingga membuka daerah ini tidak lagi ketertinggalan.

"Semua konektivitas sudah terbangun tinggal dimanfaatkan oleh pemerintah," kata Muhidin.

Selain itu, jalan-jalan nasional di Provinsi beribu kota Palu ini juga sudah terbangun dan bisa menghubungkan Sulawesi Tengah ke daerah lain.

Provinsi Sulawesi Tengah saat ini memiliki jalan nasional terpanjang di Pulau Sulawesi dengan panjang 2.700 kilometer sehingga membutuhkan biaya perawatan tinggi.

Jalan nasional yang panjang itu membutuhkan biaya pemeliharaan mencapai Rp1,1 triliun pada 2013.

Jalan nasional di Sulawesi Tengah dimulai dari tugu nol kilometer di Bundaran Hasanuddin, Kota Palu, dan terus berlanjut hingga menuju perbatasan Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.

Sementara itu sejumlah bandar udara (bandara) di provinsi berpenduduk 2,8 juta jiwa ini juga terus diperbaiki dan ditambah jumlahnya.

Muhidin mengatakan, dalam waktu dekat bandara di Kabupaten Morowali dan Kabupaten Tojo Una-Una segera beroperasi, dan diharapkan terus mendongkrak pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah.

Dia mengatakan bandara di Luwuk, Kabupaten Banggai, bukan lagi bandara perintis tetapi sudah menjadi bandara komersil sehingga akan semakin ramai dan memicu geliat ekonomi.

Sebuah rencana pembangunan bandara perintis di Kabupaten Parigi Moutong juga sedang disiapkan untuk mempermudah akses perekonomian dan perhubungan.

Politisi Partai Golkar ini berharap Pemprov Sulawesi Tengah terus membangun infrastruktur yang masih tertinggal sehingga daya saing bisa ditingkatkan. (*)

Pewarta: Riski Maruto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014