Sao Paulo (ANTARA News) - Marcos, kiper yang membawa Brazil untuk terakhir kalinya menjuarai Piala Dunia pada 2002, mendukung penerusnya Julio Cesar dan mengatakan pengalamannya akan menjadi hal yang vital sepanjang putaran final yang akan dimulai pada bulan depan.

Meski sebagian penggemar yakin bahwa lamanya fase tidak aktif Julio Cesar dan kepindahannya ke Toronto FC yang berkompetisi di Liga AS merugikan sang kiper, Marcos berkata dirinya sangat percaya terhadap mantan kiper Flamengo dan Inter Milan itu, lapor Reuters.

"Saya pikir Julio terbiasa mengenakan seragam Brazil dan mungkin itulah mengapa Felipao memilihnya," kata Marcos mengenai keputusan pelatih Luiz Felipe Scolari yang tetap mengandalkan kiper tersebut.

"Saya pikir merupakan hal yang adil bahwa Julio Cesar akan menjadi kiper pilihan pertama pada Piala Dunia mendatang," ucapnya kepada para pewarta di acara perusahaan.

Julio Cesar (34), yang tidak terpakai di Queens Park Rangers di Inggris dan direkrut Toronto pada Februari, bertekad menghapus kenangan buruk terhadap turnamen 2010 di Afrika Selatan, ketika kesalahan yang dilakukannya saat melawan Belanda di perempat final berkontribusi pada kekalahan 1-2 yang membuat Brazil tersingkir.

Ia kehilangan tempatnya di timnas ketika Mano Menezes menggantikan Dunga setelah turnamen itu, namun mampu memenanginya lagi dua tahun kemudian ketika Scolari menggantikan Menezes.

Ia memperkuat tim yang memenangi Piala Konfederasi tahun lalu, dan penyelamatan penaltinya di semifinal melawan Uruguay merupakan momen kunci bagi Brazil.

Walau demikian, ia menghadapi kompetisi berat untuk mengenakan seragam dengan nomor punggung satu.

Kiper Botafogo Jefferson merupakan penjaga gawang cadangan utama dan terlihat hampir pasti akan masuk dalam tim berisi 23 pemain, yang akan diumumkan di Rio de Janeiro pada 7 Mei.

Victor tampil luar biasa untuk Atletico Mineiro tahun lalu ketika mereka menjuarai Piala Libertadores untuk pertama kalinya, dan kiper Fluminense Diego Cavalieri juga tampil konsisten. Fabio, yang penampilan gemilangnya membantu Cruzeiro meraih gelar liga pada tahun lalu, merupakan sosok lain yang berpeluang menjadi pilihan ketiga.

"Kami memiliki Jefferson yang berada di setiap tim dan tempat ketiga dapat menjadi milik Victor, atau Fabio, atau Cassio, atau Fernando Prass atau Diego Cavalieri," kata Marcos.

"Sejumlah kiper yang sangat bagus akan dicoret."

Marcos bekerja dengan Scolari di Palmeiras dan keduanya tetap dekat. Bagaimanapun, meski ia bersama sang pelatih pada pekan lalu, ia berkata bahwa dirinya tidak berani menanyakan siapa kiper yang akan dipilih.

"Tentu saja seseorang akan kecewa, namun Anda tidak dapat memasukkan semua kiper bagus yang kami miliki di Brazil."


Penerjemah: A Rauf andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014