Sunderland (ANTARA News) - Dua gol kemenangan yang dicetak Jack Colback dan Fabio Borini untuk Sunderland atas West Bromwich Albion di Stadium of Light, Sunderland, Inggris, Kamis ini hari WIB, memastikan mereka tetap berlaga di Liga Utama Inggris (EPL) musim depan.

Gol cepat dari Colback di menit ke-13 yang disusul Fabio Borini 18 menit kemudian, mementahkan semua anggapan bahwa momentum kebangkitan Sunderland akan terganjal pada detik-detik akhir, dalam laga yang berakhir dengan kemenangan 2-0 atas West Bromwich Albion di Stadium of Light, Sunderland, Kamis WIB.

Pendukung tim berjuluk Kucing Hitam itu terlihat begitu percaya diri setelah tiga kemenangan beruntun, namun reaksi mereka terhadap gol Fabio Borini di menit ke-31 jauh lebih terlihat sebagai sebuah kelegaan ketimbang kegembiraan.

Baru setelah peluit panjang tanda pertandingan berakhir berbunyi, publik Stadium of Light menumpahkan kegembiraan, merayakan kepastian tim kesayangan mereka akan tetap berlaga di kompetisi tertinggi tanah Britania tersebut.

Hasil itu membuat Sunderland, yang sebelumnya berada di peringkat 17 merangsek naik ke peringkat 14, melompati West Brom, Hull City dan Astn Villa, melalui kemenangan kesepuluh mereka di musim ini tersebut.

Dalam lima pertandingan terakhir, Sunderland yang tiga pekan lalu masih tergeletak di dasar klasemen mencatat satu kali seri dan empat kali menang (termasuk menang melawan Chelsea dan Manchester United).

Yang lebih penting lagi, tim Kucing Hitam kini terpaut lima poin dari posisi ke-18, Norwich City yang berada di zona degradasi paling atas (tim urutan 18-20 akan turun ke kompetisi yang lebih rendah). Dengan satu pertandingan tersisa, Sunderland aman dari zona degradasi.

Sunderlang, yang menurunkan tim identik dalam lima pertandingan tak terkalahkan mereka, unggul 1-0 di menit ke-13 setelah bek kiri melepaskan bola dari dekat sudut sisi kanan pertahanan West Brom mengarah ke tengah kotak penalti.

Colback yang berlari dari tengah lapangan, mampu memotong aliran bola sebelum diamankan Chris Brunt, lantas menyarangkan bola ke gawang West Brom yang dikawal Ben Foster.

Tanpa menunggu terlalu lama, 18 menit berselang, Sunderland mendapatkan gol tambahan untuk mengamankan keunggulan.

Setelah gelandang Sebastian Larsson, dibiarkan menggiring bola hingga mendekati kotak penalti, pemain berdarah Swedia itu menyungkil bola melewati para pemain bertahan menuju Borini.

Tendangan voli yang melesat melewati Foster, memberikan Borini gol keenamnya musim ini, menghapus keraguan yang masih menggelayuti para pendukung setelah gol pembuka Colback.

Memasuki babak kedua, Sunderland lebih banyak memilih mempertebal pertahanannya, membiarkan penguasaan bola berada di antara para pemain tim tamu.

Pada menit ke-57, penguasaan bola yang sengaja dilepas tersebut hampir mengurangi keunggulan setelah pemain pengganti Youssuf Mulumbu mampu mengirim bola kepada rekannya, Craig Dawson, yang berada di belakang Alonso.

Umpan silang Dawson ke tiang jauh sayangnya gagal disambut dengan baik oleh Victor Anichebe, sehingga hanya menghasilkan tendangan gawang bagi Sunderland.

Setelah 10 menit berlalu di bawah pengendalian bola oleh para pemain West Brom, Sunderland kembali berusaha memperlebar keunggulan mereka.

Tak lama berselang setelah penonton menghela napas akibat tendangan Jozy Altidore yang terjebak offside menyamping di sisi kanan gawang, Santiago Vergini mendapatkan peluang terbuka di sisi kanan pertahanan West Brom setelah para punggawa tim Kucing Hitam memanfaatkan lebar lapangan.

Meski tendangan bek kanan itu masih menyamping jauh di sisi kanan gawang Foster, upaya itu menjadi kali pertama di babak kedua tim tuan rumah terlihat bernafsu untuk memainkan bola di area pertahanan West Brom.

Mendekati akhir pertandingan dan merespon ambisi West Brom membayar tuntas ketertinggalan dua gol, Sunderland kembali banyak bermain di wilayah pertahanan sendiri.

Namun kali ini, West Brom yang sudah dilanda keletihan tidak banyak menciptakan peluang penting.
Menyusul kedua pihak yang sudah menerima hasil tersebut, keduanya hanya menantikan peluit panjang dari wasit Lee Mason.

Empat menit waktu tambahan babak kedua diberikan, namun pertandingan berakhir tidak berubah banyak dari sesaat setelah Borini mencetak gol.

Susunan Pemain
Sunderland:
Mannone, Vergini, O’Shea, Brown, Alonso, Cattermole (Giaccherini′), Johnson (Bridcutt′), Larsson, Colback, Borini, Wickham (Altidore)

West Bromwich Albion: Foster, Reid (Dawson), McAuley, Lugano, Brunt, Berahino (Vydra′), Yacob (Mulumbu), Morrison, Dorrans, Sessegnon, Anichebe

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014