Banyak caleg yang mengeluhan soal maraknya praktik politik uang serta transaksi jual-beli dan pengalihan suara yang dilakukan oleh oknum-oknum penyelenggara pemilu di level bawah. Ini sungguh merisaukan,"
Denpasar (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI Muhammad Sohibul Iman berharap wajah DPR RI periode 2014--2019 akan lebih baik atau minimal sama dengan wajah DPR RI periode 2009--2014.

"Saya belum tahu semuanya siapa saja caleg yang terpilih menjadi anggota DPR RI. Namun dari cerita-cerita yang muncul saya memperkirakan banyak caleg terpilih yang wawasan dan kinerjanya pas-pasan," kata Muhammad Sohibul Iman pada kegiatan pers-gathering wartawan koordinatoriat DPR RI, di Denpasar, Bali, Jumat malam.

Menurut Sohibul, hasil kerja maupun kinerja perorangan anggota DPR RI periode 2009--2014 banyak menuai kritik dari publik sehingga agak menurunkan citra lembaga DPR RI di mata masyarakat.

Namun, mencermati proses pelaksananaan pemilu legislatif 2014 yang hasil perohan suaranya diumumkan oleh KPU pada Jumat malam ini cukup merisaukan.

"Banyak caleg yang mengeluhan soal maraknya praktik politik uang serta transaksi jual-beli dan pengalihan suara yang dilakukan oleh oknum-oknum penyelenggara pemilu di level bawah. Ini sungguh merisaukan," katanya.

Anggota Dewan Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyatakan, DPP PKS banyak menerima laporan dari caleg-calegnya di daerah soal banyaknya prakik kecurangan yang terjadi.

Sohibul Iman sendiri menyatakan pernah dihubungi oleh oknum penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan yang mengisyaratkan untuk melakukan praktik politik uang.

"Saya yang segera menangkap isyarat itu segera menolaknya. Saya mengatakan terima kasih, saya harapkan banyak kader-kader PKS yang akan menjaga suara calegnya," katanya.

Iman menambahkan, dengan banyaknya keluhan soal praktik kecurangan, ia memprediksi banyak caleg terpilih yang kemampuannya pas-pasan.

Jika hal tersebut yang terjadi, menurut Iman, maka tantangan lembaga DPR RI untuk meningkatkan kinerja dan memperbaiki citranya akan semakin berat.

Sohibul Iman adalah caleg PKS untuk DPR RI dari daerah pemilihan DKI Jakarta III yang terpilih kembali.(*)

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014