Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 200 pengayuh sepeda onthel hari ini akan mengawal Joko Widodo berangkat dari kediaman Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri menuju ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mendaftarkan diri menjadi calon presiden.

Para pengendara sepeda yang akan mengawal Jokowi berasal dari berbagai komunitas termasuk Onthel Oren Jakarta (O2J). Mereka mengenakan pakaian tradisional Jawa Tengah, lengkap dengan blangkon dan baju lurik.

"Komunitas Onthel Oren sendiri akan menerjunkan 50 anggotanya untuk mengawal Pak Jokowi dari Gedung Joang 45 ke Teuku Umar lalu ke KPU," kata Ketua Onthel Oren Slamet Riyadi di Gedung Joang, Menteng, Jakarta Pusat.

Slamet mengatakan komunitasnya siap mengawal Jokowi karena secara pribadi dia dan rekan-rekan dalam komunitasnya mendukung Jokowi menjadi presiden.

"Saya pribadi dukung Jokowi. Karena saya cari figur yang jujur dan merakyat," katanya.

"Kami berharap kalau Jokowi jadi presiden bisa lebih memperhatikan para pengguna sepeda dengan menperbanyak jalur hijau untuk lintasan sepeda karena saat ini sangat kurang," kata pria yang membentuk O2J tahun 2009 itu.

Menurut Slamet sosok Jokowi sudah dekat dengan komunitas pesepeda dan selalu bersepeda setiap hari Jumat setelah menjabat sebagai Gubernur DKI.

Jokowi rencananya mendeklarasikan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang diusung PDIP bersama mitra koalisinya, Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Hanura di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat.

Usai deklarasi Jokowi bersama calon wakil presidennya akan bersepeda dari Gedung Joang menuju kediaman Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar.  Setelah itu mereka akan mendaftar untuk mengikuti Pemilu Presiden 2014 ke kantor KPU.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014