Jakarta (ANTARA New) - Ketua Kehormatan Dewan Harian Nasional 45 Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno menegaskan bahwa organisasinya netral namun anggotanya secara individu bebas memilih calon presiden pada Pilpres 9 Juli 2014.

"Netralitas DHN 45 adalah sikap organisasi dalam menghadapi kepentingan politik praktis," kata Try dalam sambutan pada pengukuhan pengurus Dewan Harian Daerah 45 (DHD 45) DKI Jakarta di Jakarta, Jumat.

Kepengurusan DHD 45 DKI Jakarta terdiri atas Dewan Kehormatan Daerah (delapan orang), Dewan Paripurna Daerah (45 orang), Dewan Harian Daerah dipimpin oleh H.M. Amir Mattata dibantu Ketua 1 Drs. Supatno, SE, M.Si, Ketua II Dr. Mgf. Idrus Ali, Ketua III Ir. H. Milani Abu Tajib dan Ketua IV Saamin Zaelani, Sekretaris Umum R. Hazairin, Sp.Pd, Sekretaris (I dan II) Bambang Sugiarto, SE dan Yudi Cahyadi, SE, dan bendahara serta wakilnya M. Tasban dan Adam Sudhiarto. Selain itu ada lagi tujuh ketua bidang.

"Silakan tiap-tiap pribadi secara individual bebas memilih siapa yang Anda yakini mampu memimpin negara ini lima tahun ke depan lebih baik dan lebih maju dan mewujudkan kesejahteraan rakyat dalam menggapai cita-cita luhur kemerdekaan RI," ujar Try yang juga mantan wakil presiden tersebut.

Dia juga berharap agar kader-kader organisasi Kejuangan 45 bisa menjadi guru bangsa dengan memberikan dakwah-dakwah kebangsaannya serta menjadi pemersatu bangsa.

"Semoga melalui kiprah dan aktivitasnya, DHN 45 mampu melahirkan generasi berwatak negarawan yang nasionalis, patriotis, dan Pancasialis sejati," ujarnya.

Pada bagian lain Try mengingatkan pentingnya jiwa, semangat, dan nilai-nilai Kejuangan 45 (JSN 45) sebagai nilai-nilai luhur bangsa yang harus dihormati dan dijunjung tinggi, terutama di tengah euforia reformasi yang sedikit banyak berdampak pada nilai-nilai kejuangan tersebut.

"Jangan larut dan terlena, tapi juga harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan zaman tanpa kehilangan esensi dan jatidiri yakni membudayakan jiwa, semangat dan nilai-nilai kejuangan 45 dan bangsa Indonesia," katanyanya.

Hadir dalam acara pengukuhan DHD 45 DKI Jakarta tersebut antara lain Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu.

Pewarta: Mohammad Anthoni
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014