Fortaleza (ANTARA News) - Pemain pengganti Marcos Urena mencetak gol pada menit 84 untuk melengkapi kemenangan Kosta Rika atas Uruguay yang berakhir dengan skor 3-1 dalam laga pembuka Grup D Piala Dunia 2014 di Estadio Castelao, Fortaleza, Brasil, Minggu pagi WIB.

Urena, baru merumput selama satu menit kala mencetak gol tersebut setelah ia memasuki lapangan untuk menggantikan kapten Kosta Rika Bryan Ruiz pada menit 83.

Gol tersebut melengkapi keberhasilan Kosta Rika membalikkan keadaan setelah tertinggal lebih dulu dari lewat eksekusi penalti Edinson Cavani pada menit 23.

Kebangkitan Kosta Rika terjadi di babak kedua, saat menit 53 penyerang berbakat Joel Campbell mencetak gol penyama kedudukan yang kemudian empat menit berselang disusul gol Oscar Duarte lewat sundulan menyambut tendangan bebas indah dari Christian Bolanos.

Uruguay harus menutup laga dengan 10 orang pemain di lapangan setelah bek Maxi Pereira diusir dari lapangan oleh wasit Mark Borsch akibat melakukan pelanggaran keras terhadap Campbell pada menit keempat waktu tambahan babak kedua.

Berkat hasil itu, Kosta Rika sementara menempati peringkat pertama Grup D dengan mengoleksi tiga poin dan agregat dua gol. Laga lain yang akan berlangsung di Grup D adalah Inggris melawan Italia

Jalannya pertandingan
Absennya Luis Suarez, membuat pelatih Oscar Tabarez menurunkan penerima penghargaan Bola Emas pada Piala Dunia 2010, Diego Forlan.

Sepanjang babak pertama, Uruguay lebih menguasai jalannya pertandingan dan mendapatkan hadiah tendangan penalti setelah Diego Lugano dilanggar Junior Diaz di dalam kotak penalti saat bersiap menyambut bola tendangan bebas pada menit ke-23

Penyerang Paris St Germain Edinson Cavani sukses mengonversi kesempatan penalti dengan dingin mengarahkan bola ke sisi kiri gawang Kosta Rika yang meski arahnya mampu ditebak penjaga gawang Keylor Navas namun tidak terjangkau.

Sepanjang sisa waktu babak pertama kedua tim berusaha mencetak gol, namun kedudukan sementara 1-0 untuk keunggulan Uruguay bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Kosta Rika berkesempatan menyamakan kedudukan lewat sundulan jarak dekat Oscar Duarte menyambut tendangan bebas yang sayangnya masih bisa diantisipasi Muslera pada menit 51. Bola muntah yang mengarah ke Duarte kembali gagal membuahkan gol karena sepakannya melambung dari gawang.

Akan tetapi upaya mereka membuahkan hasil kala penyerang Joel Campbell mencetak gol penyama kedudukan pada menit 53 lewat sepakan yang sulit dihalau Muslera.

Gol Campbell berawal dari umpan lambung yang dikirimkan ke dalam kotak penalti lewat sayap kanan.

Bola yang berusaha dihalau lewat sundulan pemain belakang Uruguay justru jatuh ke kaki Campbell yang segera melesakkannya ke gawang.

Empat menit berselang giliran Oscar Duarte sukses menyambut tendangan bebas Christian Bolanos dengan sundulan yang gagal dihalau Muslera, sekaligus membuat Kosta Rika sementara berbalik mengungguli Uruguay 2-1.

Kosta Rika membalikkan pendulum permainan, namun Uruguay sempat hampir menyamakan kedudukan pada menit 69, andai bola umpan Cavani di hadapan gawang yang sudah ditinggalkan Navas ada yang menyambut.

Namun, sebuah gol dari pemain pengganti Marcos Urena justru menyudahi harapan Uruguay pada menit 84.

Pertandingan berakhir dengan keadaan 3-1 untuk kemenangan Kosta Rika, setelah pada menit 4 waktu tambahan babak kedua, Maxi Pereira diganjar kartu merah.

Susunan pemain kedua tim berdasarkan laman FIFA.

Uruguay: Fabio Muslera (PG), Diego Lugano (K), Diego Godin, Maxi Pereira (KM), Alvaro Pereira, Walter Gargano (Alvaro Gonzalez), Egidio Arevalo Rios, Cristian Rodriguez (Abel Hernandez), Diego Forlan (Nicolas Lodeiro), Christian Stuani, Edinson Cavani

Kosta Rika: Keylor Navas (PG), Giancarlo Gonzalez, Michael Umana, Oscar Duarte, Junior Diaz, Cristian Gamboa, Celso Borges, Christian Bolanos (Michael Barantes), Yeltsin Tejeda (Jose Miguel Cubero), Joel Campbell, Bryan Ruiz (K) (Marcos Urena)

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014