Jakarta (ANTARA News) - Kandidat presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab pertanyaan yang dilayangkan oleh pesaingnya, Prabowo Subianto, dalam sebuah sesi debat di Jakarta, Minggu malam, dan menegaskan bahwa ia pun bisa bertindak tegas bila terkait dengan kedaulatan negara.

"Jangan dipikir saya tidak bisa tegas, karena menurut saya tegas adalah berani memutuskan dan berani mengambil resiko. Kalau memang benar mereka menduduki wilayah kita, apapun akan saya pertaruhkan," ujar Jokowi menjawab pertanyaan dari Prabowo bila ada kawasan Indonesia yang diklaim dan diduduki negara lain.

Jokowi memulakan jawabannya dengan berkata, "Diplomasi G to G akan dikedepankan terlebih dahulu, ada tahapan menuju ke sana. Kalau pendudukan itu jelas, pulau itu adalah milik kita, ini akan berbeda, karena ini menyangkut kedaulatan, kepentingan nasional kita, kepentingan rakyat kita," kata dia.

"Kalau masalah batas maritim dan patok yang belum jelas, diplomasi G to G yang akan kita majukan. Tapi kalau jelas (itu adalah wilayah kita-red), apapun akan kita lakukan," ujar Jokowi.

Ia bahkan menegaskan," Hal-hal yang menyangkut kedaulatan, kita akan buat ramai pak! Jangan dipikir saya tidak bisa tegas, karena tegas menurut saya adalah berani memutuskan dan berani mengambil resiko, kalau memang benar mereka menduduki wilayah kita, apapun akan saya pertaruhkan."

Pewarta: Ella Syafputri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014