Saya sangat mengapresiasi keberhasilan ini."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo mengapresiasi pendaki tunadaksa Sabar Gorky atas keberhasilannya memanjat Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (22/6) lalu.

"Saya sangat mengapresiasi keberhasilan ini. Saya bersyukur beliau bisa mewujudkan impiannya mendaki Monas dan ini kado bagus bagi olahraga Indonesia. Belum tentu orang biasa bisa mendaki Monas tapi Pak Sabar dengan keunikannya mampu," kata Roy di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, prestasi Sabar tersebut bisa menginspirasi para atlet lainnya untuk juga gigih dalam mengukir prestasi.

Sabar berhasil mencatatkan namanya setelah sukses memanjat Monas pada Minggu (22/6). Aksinya tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan perayaan HUT DKI Jakarta ke-487.

"Tujuan saya datang ke kantor Kemenpora, pertama untuk silaturahmi, kedua, saya melaporkan tugas sudah selesai untuk memanjat Monas pada Minggu kemarin. Saya melakukannya dalam kurun waktu 20 menit," kata Sabar.

Memanjat Monas merupakan impian Sabar sejak 2009. Beberapa gunung ternama sudah ia taklukkan sebelumnya seperti Gunung Kilimanjaro (Tanzania), Gunung Elbrus (Rusia) dan Carstensz Pyramid atau Puncak Jaya (Papua). Keterbelakangan fisik tampaknya bukan menjadi halangan baginya untuk mewujudkan impian.

"Saya selanjutnya ingin memanjat Menara Petronas (Malaysia) dan lima gunung lainnya," katanya.

(A064/A020)

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014