masyarakat untuk tidak panik kemudian melakukan pembelian daging melebihi kebutuhannya, karena itu akan mendorong kenaikan harga."
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pertanian mengungkapkan sebanyak 170 ribu ekor sapi disiapkan untuk mencukupi kebutuhan daging untuk masyarakat selama puasa hingga lebaran tahun ini.

Menteri Pertanian Suswono di Bandung, Jawa Barat, Selasa menjamin, pasokan ternak itu akan mengamankan  ketersediaan daging selama Ramadhan hingga hari raya aman.

"Kami meminta masyarakat untuk tidak panik kemudian melakukan pembelian daging melebihi kebutuhannya, karena itu akan mendorong kenaikan harga. Beli daging secukupnya saja," kata Mentan di sela kunjungan ke Pasar Induk Caringin Bandung.

Menurut dia, pasokan bahan pangan menjelang puasa saat ini rata-rata mencukupi sehingga harga cenderung stabil.

Bahkan, lanjut Suswono, harga daging sapi menunjukkan penurunan dari Rp90.000/kg menjadi Rp86.000/kg.

Meskipun demikian Suswono mengakui, ada sejumlah bahan pangan yang masih memerlukan pasokan di antaranya kedelai dan daging sapi.

Menyinggung harga daging sapi yang dinilai masih tinggi, Mentan menyatakan, idealnya sekitar Rp86.000/kg karena kalau terlalu rendah justru memukul peternak sehingga mereka tak lagi bersemangat melakukan usaha peternakan.

Terkait kekuatiran munculnya daging celeng atau babi hutan yang dioplos dengan daging sapi, dia menyatakan, pihaknya melalui Badan Karantina telah memperketat pengawasan terhadap peredaran daging antar wilayah.

Selain itu pihaknya juga meminta aparat keamanan untuk melakukan tindakan tegas terhadap pelaku pengoplos daging sapi dengan daging babi hutan.

"Kami minta masyarakat memberikan informasi jika memang mengetahui adanya tindak pengoplosan (daging)," katanya.

Pewarta: Subagyo
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014