Jakarta (ANTARA News) - Sampai 2x15 menit babak perpanjangan waktu usai, laga Brasil melawan Chile di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, tetap seri 1-1 sehingga harus dilanjutkan ke adu penalti.

Kedua tim masing-masing menciptakan satu gol pada babak pertama.

Brasil unggul lebih dulu pada menit 18 lewat David Luiz dari sebuah set piece lewat tendangan pojok Neymar.

David Luiz yang ditempel Gonzalo Jara berusaha menyantap bola hasil sundulan Thiago Silva yang menyambut sepak pojok Neymar pada menit 18 babak pertama laga sesama Amerika Selatan ini.

Dari tayangan ulang, bola masuk ternyata akibat halauan kaki Gonzalo Jara, sehingga espn.com masih menyebutnya gol bunuh diri.

Sepak pojok Neymar ini sendiri tercipta setelah Hulk nyaris menciptakan gol dari eksekusi tendangan bebas beberapa meter dari kotak penalti, namun bola yang dia kirim lewat tendangan geledek itu dihalau keluar oleh kiper Cladio Bravo.

Pada menit 32, Alexis Sanchez menyamakan kedudukan setelah dengan sempurna menuntaskan blunder barisan belakang Brasil, dengan satu tendangan menyilangk e arah kiri kiper Julio Cesar.

Gol ini didahului lemparan ke dalam Marcelo hanya beberapa meter dari kotak penalti Brasil.

Striker Chile Eduardo Vargas memotong umpan dari lemparan ke dalam Marcelo, lalu dia teruskan ke tengah kotak penalti di mana Sanchez datang menyeruak berlari menyambar bola untuk kemudian dilepaskannya ke arah gawang tanpa bisa dihadang Julio Cesar.

Pada babak kedua, kendati kedua tim saling menyerang dan menciptakan peluang, tidak ada gol yang tercipta, sedangkan kiriman bola ke dalam gawang Chile dari Hulk dianulir karena penyerang Brasil ini dinyatakan menyentuh bola dengan tangan sebelum menendang bola.

Memasuki bagian pertama 2x15 menit babak perpanjangan waktu, Brasil mengganti Willian dengan Oscar.

Pada dua menit babak perpanjangan waktu pertama, Neymar melepaskan tendangan bebas namun dihalau barisan belakang Chile menjadi tendangan penjuru.

Tiga menit kemudian giliran pemain Chile Marcelo Diaz yang gagal memanfaatkan tendangan bebas yang dieksekusinya dari jarak jauh namun melenceng dari gawang.

Pada menit 11 babak perpanjangan waktu, sundulan Oscar nyaris menciptakan gawang tapi bola tepat ke arah Claudio Bravo sehingga kiper Chile ini dengan mudah menjinakkannya.

Menjelang paruh pertama babak perpanjangan waktu, giliran Chile yang memasukkan darah segar ketika Gary Medel ditarik untuk ditukar dengan Jose Rojas.

15 menit pertama berakhir dengan Brasil mendominasi penguasaan bola dan menciptakan beberapa peluang, namun Chile tetap berbahaya bagi Brasil.

Pada paruh kedua babak perpanjangan waktu, kedua tim tampak kelelahan, namun beberapa peluang gol masih bisa tercipta pada babak ini.

Peluang terbaik tercipta dari pemain pengganti Mauricio Pinnilla yang tendangannya hasil kerjasama apiknya dengan Alexis Sanchez membentur tiang gawang.

Hingga 2x15 selesai, kedudukan tetap 1-1, sehingga dilanjut ke adu penalti.





Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014