Tema ini penting bagi bangsa karena persoalan SDM dan teknologi adalah salah satu sektor yang harus dibenahi.
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi Pemilihan Umum, Husni Kamil Malik, mengatakan salah satu tema debat yang dipilih adalah terkait dengan sumber daya manusia serta ilmu pengetahuan dan teknologi karena persoalan itu dinilai harus segera dibenahi.

"Tema ini penting bagi bangsa karena persoalan SDM dan teknologi adalah salah satu sektor yang harus dibenahi," kata Ketua KPU Husni Kamil Malik saat membuka debat calon wakil presiden bertema "Pembangunan SDM dan Iptek" yang digelar di Jakarta, Minggu malam.

Menurut Husni, pembenahan tersebut dinilai penting karena Indonesia telah merdeka hampir selama 69 tahun lamanya.

Ia mengutarakan harapannya agar sumber daya manusia Indonesia tidak hanya bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Namun, lanjutnya, agar sumber daya manusia nasional dapat juga bersaing dengan bangsa lain.

Ketua KPU juga mengingatkan bahwa letak geografis Indonesia adalah strategis sehingga diharapkan Republik Indonesia juga bisa berperan strategis di masa mendatang.

Dengan penyelenggaraan debat tersebut, ujar dia, maka bangsa Indonesia juga dapat mengetahui mengenai visi dan misi serta program yang akan dijalankan pemerintahan mendatang.

Husni juga mendoakan agar pemungutan suara pada tanggal 9 Juli 2014 dapat berjalan dengan sukses.

Pilpres 2014 diikuti oleh dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, yaitu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa (nomor urut pasangan 1) dan Joko Widodo-Jusuf Kalla (nomor urut pasangan 2).

(M040)

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014