Brasilia (ANTARA News) - Tidak mengherankan kalau seorang pesohor seperti Victoria Beckham pun begitu tergila-gila pada buah acai beri (dibaca asai dalam bahasa Brasil), untuk menjaga kebugarannya.

Acai beri yang hanya ditemukan di hutan tropis Amazon dan sekitarnya itu mengandung antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki metabolisme, meningkatkan kesehatan organ tubuh, melawan berbagai efek penuaan, menjaga stamina dan kecantikan kulit.

Wanita mantan anggota Spice Girls yang juga istri David Beckham ini diberitakan mulai rutin mengkonsumsi beri acai setelah mendengar cerita tentang wanita di pedalaman di kawasan Amazon yang menjaga kebugaran dengan menyantap buah tersebut.

Buah berwarna ungu tua dan sebesar buah kopi itu disajikan dalam bentuk bubur dingin yang lebih menyerupai es krim. Sebagai pelengkap, di atasnya ditaburi irisan buah pisang atau kacang tanah.

Beberapa waktu lalu, Antara dan beberapa rekan wartawan mendapat undangan dari Mochammad Rizki Safari, konselor bidang ekonomi KBRI Brasilia untuk menikmati acai beri di sebuah restoran yang salah satu menu andalannya adalah acai tersebut.

Setelah menunggu sekitar 15 menit, hidangan buah acai beri pun tersaji dalam sebuah mangkok sebesar mangkok bakso di Indonesia.

Bagi mereka yang baru sekali mencoba, sebenarnya tidak ada yang terlalu istimewa dengan buah tersebut. Rasanya lebih mirip jus blue berry dan yang lebih menonjol justru rasa pisang.

"Biasanya kalau yang baru mencoba memang terasa biasa-biasa saja, tapi lama-lama pasti akan ketagihan," kata Rizki menceritakan pengalamannya saat pertama kali mengenal acai beri.

Meski berasal dari buah dan biasanya hanya sebagai makanan pencuci mulut, nyatanya acai beri justru menjadi menu utama bagi sebagian masyarakat Brasil, terutama suku asli di Amazon, seperti halnya nasi di Indonesia.

Fernanda, seorang pelayan wanita di restoran tersebut, mengakui bahwa menu acai beri memang menjadi menu andalan mereka dan paling digemari pengunjung.

"Acai beri ini mungkin sama posisinya seperti pizza di Italia dan ada anggapan bahwa belum lengkap ke Brasil jika belum mencoba acai beri," katanya.

Makanan Sehat

Kata "acai" berasal dari bahasa penduduk asli Brasil yang berarti "buah yang menangis". Tapi tidak diketahui sejarah dari asal usul pengertian kata tersebut. Pohon acai termasuk tumbuhan keras seperti pohon kelapa dan memiliki tandan.

Pada zaman dahulu, suku asli di hutan tropis Amazon suka memanjat pohonnya untuk mengambil buahnya untuk dikonsumsi secara rutin karena dipercaya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka.

Meski sudah tumbuh sejak ribuan tahun lalu di kawasan Amazon, acai beri baru dikenal secara luas di benua Amerika pada akhir 1990-an.

Adalah Amerika Serikat yang lebih dulu mempopuler acai beri yang dikemas dalam bentuk minuman kesehatan herbal yang berkhasiat menjaga kesehatan dan bahkan menyembuhkan penyakit seperti jantung, kanker, stroke dan diabetes.

Dalam waktu singkat, acai beri pun menyebar keseluruh dunia, termasuk Asia.

Di Indonesia baru beberapa tahun belakangan ini orang mengetahui manfaat terbesar dari acai beri, khususnya untuk memperlancar pencernaan, menurunkan berat badan dan meningkatkan energi.

Setelah mencoba jus acai beri yang banyak mengandung serat, perut terasa cepat kenyang dan bertahan lama. Tidak mengherankan jika suku asli di pedalaman Amazon menjadikan buah acai beri sebagai menu utama sebagai pengganti karbohidrat.
(A032)

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014