Belo Horizonte, Brasil (ANTARA News) - Reaksi emosional tim Brasil atas cedera yang menimpa Neymar membuat tim Samba berada dalam genggaman Jerman ketika Der Panzer membuat rekor kekalahan 7-1 di semifinal piala dunia 2014, kata pelatih Jerman Joachim Loew pada Selasa.

Kemenang Brasil atas Kolombia di putaran perempat-final harus dibayar mahal. Bintang Brasil Neymar harus menepi dari lapangan karena patah tulang belakang, sementara kapten Thiago Silva dilarang bermain karena akumulasi kartu, dan Brasil tenggelam dalam emosional itu.

Sebelim kick-off kapten David Luiz dan kiper Julio Cesar memegang kaos nomer 10 di Stadion Mineirao sebelum menyanyikan lagu kebangsaan.

Sementara Loew mengatakan Brasil kehilangan ketenangan mereka ketika Jerman mencetak lima gol dalam 30 menit di paruh babak pertama dan membuat mereka melaju ke final pada Minggu, (13/6).

"Penting untuk menemukan semangat dan menghadapi rasa emosional dengan ketenangan, keberanian dan kemampuan diri sendiri," kata Loew yang akan bertemu Argentina atau Belanda di babak final di Rio de Janeiro.

Loew menambahkan," Mereka terkejut atas gol kami dan membuat pertandingan lebih mudah buat kami."

"Semua orang melakukan pekerjaan mereka dengan mengagumkan dan penuh konsentrasi. Kami bermain bagus dan membuat kami terus melaju."

Loew juga mengingatkan Jerman untuk tetap rendah hati walau mampu membuat rekor kekalahan internasional bagi tuan rumah Brasil.

"Sedikit kerendahan hati akan sangat bagus karena kami ingin terus berkonsentrasi untuk laga Minggu," kata pelatih 54 tahun itu.

Gol-gol Jerman dicetak oleh Thomas Mueller, Miroslav Klose, Toni Kroos, Sami Khedira dan Andre Schuerrle. Kroos dan Schuerrle masing-masing mencetak dwigol. Sementara satu gol hiburan untuk Brasil dicetak oleh Oscar pada menit 90.

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014