Sao Paulo, Brasil (ANTARA News) - Babak pertama Belanda melawan Argentina masih imbang tanpa gol atau 0-0 dalam laga semi final Piala Dunia 2014 di Corinthians Arena, Sao Paulo, Brasil, Kamis pagi WIB.

Hasil pertandingan babak pertama semi final kedua ini, sangat berbanding terbalik dengan laga sehari lalu yang memperlihatkan Jerman unggul lima gol atas Brasil di penghujung babak pertama.

Statistik lama FIFA mencatat bahwa Argentina unggul dalam penguasaan bola dengan memiliki 53 persen sedang Belanda hanya 47 persen.

Argentina juga unggul dalam jumlah serangan berbahaya sebanyak 12 kali, dan merupakan pemilik satu-satunya tendangan mengarah ke gawang sepanjang babak pertama laga itu.

Pemenang laga ini akan melaju ke Maracana menghadapi Jerman di partai puncak perebutan gelar juara dunia 2014 pada 14 Juli WIB.

Sementara yang kalah akan merebutkan tempat ketiga melawan tuan rumah Brasil di Estadio Nacional Brasilia, pada 12 Juli WIB.

Laga yang dimulai dengan penghormatan terhadap mendiang legenda Real Madrid Alfredo Di Stefano dan para pemain mengenakan ban hitam di lengan mereka itu berjalan dengan tempo cukup lambat di 10 menit pertama, yang memperlihatkan baik Belanda maupun Argentina belum melepaskan tendangan ke arah gawang lawan.

Tendang tepat sasaran pertama lahir dari bintang Barcelona, Lionel Messi, melalui eksekusi tendangan bebas menyusul pelanggaran oleh Ron Vlaar terhadap Enzo Perez, yang main menggantikan Angel Di Maria.

Namun eksekusi tendangan bebas Messi tidak jauh di tepi kotak penalti itu berhasil diamankan penjaga gawang Jasper Cillessen pada menit 15.

Pemain bertahan Benfica, Ezequiel Garay, sempat berpeluang membawa Argentina unggul atas Belanda pada menit 24, namun bola sundulannya menyambut umpan sepak pojok dari Ezequiel Lavezzi masih melambung di atas mistar gawang Belanda.

Pada menit 32, penjaga gawang Argentina memperlihatkan kebolehannya menghalau dua upaya umpan silang dari lawan, termasuk sepak pojok dari Wesley Sneijder.

Akan tetapi meski saling berbalas serangan, kedudukan antara kedua tim masih imbang tanpa gol hingga wasit Cuneyt Cakir asal Turki meniupkan peluit tanda babak pertama usai.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Belanda: Jasper Cillessen (PG), Stefan de Vrij, Ron Vlaar, Bruno Martins Indi, Dirk Kuyt, Georginio Wijnaldum, Nigel de Jong, Wesley Sneijder, Daley Blind, Arjen Robben, Robin van Persie (K)

Pelatih: Louis van Gaal

Argentina: Sergio Romero (PG), Pablo Zabaleta, Martin Demichelis, Ezequiel Garay, Marcos Rojo, Lucas Biglia, Javier Mascherano, Enzo Perez, Ezequiel Garay, Lionel Messi (K), Gonzalo Higuain

Pelatih: Alejandro Sabella.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014