Kondisi serupa juga terjadi di perairan penyeberangan Gilimanuk menuju Ketapang.
Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan penyeberangan jarak pendek dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni menggunakan kapal laut masih aman karena tinggi gelombang di perairan tersebut hanya 0,2 meter hingga di bawah satu meter.

"Kondisi serupa juga terjadi di perairan penyeberangan Gilimanuk menuju Ketapang. Namun yang harus diwaspadai adalah transportasi laut yang ada di Selat Sunda bagian selatan dan pesisir barat Sumatera karena ketinggian gelombang berkisar dua hingga tiga meter," kata Kepala Sub Bidang Cuaca Ekstrim BMKG, M Fadli, di Jakarta, Minggu.

Fadli mengatakan, untuk jalur transportasi darat dari Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jatim dan Bali relatif lebih aman, namun harus mewaspadai peluang hujan lokal dengan intensitas lebat selama dua hingga tiga jam.

"Khusus warga Jawa Barat dan DKI Jakarta hendaknya mewaspadai hujan lokal yang akan terjadi hingga dua hari ke depan," katanya.

Dia mengharapkan pengguna sepeda motor berhati-hati ketika melakukan perjalanan saat hujan karena berisiko kecelakaan, serta mewaspadai jalan berlubang yang permukaannya telah tertutup air.

Pengguna jalur penerbangan yang melintasi Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Kalimantan akan merasakan goncangan-goncangan kecil, sehingga disarankan menggunakan penerbangan pagi dan siang hari agar lebih nyaman.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014