... formatnya berbeda dibandingkan sebelumnya... "
Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) merencanakan akan membangkitkan kembali kejuaraan balap sepeda paling bergengsi di Tanah Air yaitu Tour d'Indonesie (TdI) setelah tiga tahun terakhir vakum.

Keinginan untuk kembali menggelar kejuaraan balap sepeda bergengsi ini disampaikan Ketua PB ISSI versi Munaslub Santika, Raja Sapta Oktohari, di sela rakernas, di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Kamis.

"Memang benar, kami akan menggelar lagi Tour d'Indonesie. Namun formatnya berbeda dibandingkan sebelumnya. Yang jelas kami ingin balap sepeda terus berkembang dan berprestasi," kata Oktohari.

Tour d'Indonesie sebelumnya merupakan kejuaraan balap sepeda terpanjang di Indonesia, yaitu dari Jakarta menuju Denpasar, Bali. Peserta kejuaraan ini tidak hanya diikuti pebalap lokal, namun juga tim dan pebalap yang sudah punya nama besar dikancah balap sepeda internasional.

Sesuai dengan rencana yang dibentuk, kata dia, TdI akan terbagi dalam beberapa seri di antaranya adalah Celebes Series, Sumatra Series dan Jawa Series. Untuk format kejuaraannya tetap sama yaitu melibatkan pebalap lokal dan internasional.

"Kami berharap tahun ini sudah mulai bisa digelar. Makanya rencana TdI masuk dalam salah satu agenda yang dibahas dalam Rakernas," kata dia.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014