... sudah menjadi rute perjalanan liburan mereka, kapal hampir setiap hari berdatangan dari Pulau Komodo, NTT, dan juga Bali... "
Mataram, NTB (ANTARA News) - Pulau Satonda, Kabupaten Dompu, NTB, menjadi salah satu objek wisata yang diminati para wisatawan mancanegara.

Totok Suharto, anggota Balai Konservasi Sumber Daya Alam NTB, di Satonda, Senin, mengakui para wisatawan mancanegara merupakan pengunjung utama di Pulau Satonda.

Data 2013, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pulau itu mencapai 6.000 orang.

"Pulau Satonda sudah menjadi rute perjalanan liburan mereka, kapal hampir setiap hari berdatangan dari Pulau Komodo, NTT, dan juga Bali," katanya.

Ia mengatakan, dalam sehari sedikitnya lima kapal phinisi yang singgah di Pulau Satonda dengan jumlah wisatawan mancanegara sekitar 25 orang perkapal.

Pulau Satonda dengan luas sekitar 2.600 Hektare memiliki daya tarik tersendiri dan telah ditetapkan menjadi salah satu taman wisata alam laut di Indonesia.

Salah satu keunikan Pulau Satonda adalah danau air tawar seluas 552 Hektare di tengah pulau itu. Keanekaragaman terumbu karang, sudah pasti dimiliki selain faunanya yang masih sangat mudah dijumpai di habitat aslinya. 

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014