Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Indonesia Police Watch (IPW) meminta partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih mendesak Ketua DPR Setya Novanto membuktikan dirinya bersih dari masalah hukum dengan cara membersihkan mafia proyek yang melibatkan oknum DPR.

"Untuk membuktikan bahwa Novanto sebagai figur yang bersih, Koalisi Prabowo harus segera mendorong Novanto membersihkan mafia proyek yang melibatkan oknum DPR," kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane dalam siaran pers di Jakarta, Jumat.

IPW menyayangkan terpilihnya Setya Novanto sebagai Ketua DPR karena  berpotensi memiliki masalah hukum.

"Memang pihak Koalisi Prabowo tidak terima dengan pernyataan itu dan menyatakan Novanto sebagai orang yang terhormat dan bersih. Maka perlu dibuktikan," kata dia.

Dia mengatakan Koalisi Prabowo harus mendesak Ketua DPR Setya Novanto memberi jaminan bahwa dia dapat memberantas mafia proyek, terutama mafia proyek yang diduga melibatkan oknum-oknum DPR yang memangsa proyek-proyek di lingkungan kepolisian.

Berdasarkan pantauan IPW, ujar dia, selama ini cukup banyak proyek pengadaan di lingkungan kepolisian yang direkayasa oknum-oknum DPR sehingga proyek yang tidak masuk akal terpaksa diterima Polri.

"Misalnya dalam proyek pengadaan mobil patroli, yang diberikan mobil 2.500 cc sampai 3.000 cc yang berbahan bakar Pertamax Plus, padahal dalam mata anggaran Polri bahan bakar mobil patroli hanya premium," ujar dia.

Pane juga memamparkan ada proyek pengadaan hewan yang cukup mahal, yakni kuda polisi harga per ekor Rp460 juta dan anjing polisi seharga Rp125 juta per ekor.

Dia mengharapkan Setya Novanto bisa memberikan jaminan bahwa sebagai Ketua DPR, dia mampu membersihkan mafia proyek yang diduga melibatkan kalangan DPR.



Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014