Kalau untuk sekarang ini kita sedang mencoba menjajaki apartemen-apartemen yang ada di Jakarta
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana meminjam sejumlah unit apartemen milik swasta untuk memenuhi kebutuhan penginapan bagi para atlet dan staf dalam Asian Games 2018 mendatang.

Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama terkait rencana penyelenggaraan Asian Games ke-18 pada 2018 di Kota Jakarta.

"Dalam event itu nanti akan ada puluhan ribu atlet yang datang kesini. Kita memang mau bangun penginapan, tapi kita juga mau pinjam apartemen-apartemen milik swasta," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama terkait penyelenggaraan Asian Games ke-18 2018, di Balai Kota Jakarta Pusat, Selasa.

Oleh karena itu, menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, saat ini pihaknya tengah melakukan penjajakan dengan sejumlah pengelola apartemen yang ada di wilayah DKI Jakarta.

"Kalau untuk sekarang ini kita sedang mencoba menjajaki apartemen-apartemen yang ada di Jakarta. Rencananya, kita mau pinjam apartemen itu sekitar satu sampai dua bulan," ujar Ahok.

Selain penginapan, dia juga tengah mempersiapkan kebutuhan transportasi bagi para atlet dan staf dari dan menuju lokasi pertandingan.

"Ada rencana kita mau buat sistem jaringan kereta api ringan dan juga Bus Rapid Transit (BRT) untuk seluruh atlet dan staf, sehingga memudahkan akses dari penginapan ke venue dan sebaliknya," tutur Ahok.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan pembinaan para atlet dan pembangunan infrastruktur bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, tetapi juga merupakan tanggung jawab pemerintah pusat.

"Dengan demikian, saya berharap Kementerian Pemuda Olahraga, terutama pada masa pemerintahan Pak Jokowi nanti, atlet dan segala kebutuhannya bisa lebih diperhatikan lagi," tutur Basuki.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014