Zulkifli Hasan ajak generasi muda teladani pahlawan

Zulkifli Hasan ajak generasi muda teladani pahlawan

Zulkifli Hasan

Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengajak generasi muda meneladani perjuangan pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

"Semangat yang dimiliki para pahlawan yaitu pantang menyerah dalam berjuang dalam konteks perjuangan bangsa meraih kemerdekaan," kata Zulkifli di Gedung Nusantara IV, Jakarta, Senin.

Hal itu diungkapkan Zulkifli dalam sambutannya di Lomba Grand Final Lomba Cerdas Cermat Tingkat SLTA se-Indonesia dan memperingati Hari Pahlawan, di Dedung Nusantara IV, Jakarta.

Zulkifli mengatakan bahwa konteks perjuangan generasi muda saat ini adalah melawan penjajahan atas ketidakmampuan untuk mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur.

Perjuangan era masa kini tidak bisa berjalan tanpa adanya Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan tanpa sistem pendidikan yang bermutu.

"Peran pendidikan penting untuk mencerdaskan kehidupan bangsa agar semangat itu bisa terus melekat dari generasi ke generasi," ujarnya.

Menurut dia, semangat untuk mencerdaskan bangsa tidak bisa terwujud tanpa peran serta generasi muda. Peran serta itu jangan hanya terbatas dalam bidang akademis saja namun dari sisi moral serta etika.

"Hal itu untuk kemandirian yang berperadaban dan rasa cinta tanah air sebagai nation and character building," ujarnya.

Dia menegaskan peran generasi muda penting untuk membangun semangat kebangsaan yang menjunjung tinggi nilai kebhinekaan dan persatuan.

Zulkifli menilai saat ini giliran kaum muda untuk mengambil tongkat estafet perjuangan bangsa Indonesia di tengah tantangan yang berat dalam konteks nasional dan global.

Menurut dia, globalisasi saat ini tidak bisa ditolak karena Indonesia tidak bisa hidup tanpa keberadaan bangsa lain sehingga diperlukan daya saing dalam segala bidang.

"Masyarakat Ekonomi ASEAN bisa berdampak positif bagi generasi muda namun diperlukan persatuan bangsa," katanya.

Pewarta:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar