Sumenep (ANTARA News) - Pengurus Ansor Sumenep, Jawa Timur, akan mengerahkan personel Barisan Ansor Serba Guna (Banser) untuk membantu polisi mengamankan perayaan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 di gereja setempat.

"Kami sudah koordinasi dengan pimpinan Polres Sumenep dan mereka mempersilakan personel Banser untuk membantu pengamanan gereja," kata Ketua Pimpinan Cabang Ansor Sumenep, M Muhri, di Sumenep, Rabu.

Ia menjelaskan, pihaknya menyiapkan 20 personel Banser yang sebagian besar berdomisili di Kecamatan Kota dan sekitarnya untuk membantu pengamanan gereja.

"Kami sebenarnya memiliki ribuan personel Banser. Namun, sesuai hasil kordinasi yang kami lakukan dengan pimpinan Polres Sumenep beberapa hari lalu, kami hanya akan menurunkan 20 personel Banser," ujarnya.

Keterlibatan personel Banser dalam pengamanan gereja, kata dia, merupakan pengejawantahan paham kebangsaan Ansor dalam menjaga kebhinekaan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Ansor dengan Banser-nya merupakan salah satu komponen bangsa yang memiliki kewajiban untuk menjaga keutuhan NKRI. Namun, dalam konteks pengamanan gereja, tentunya wajib pula bagi kami untuk berkoordinasi dengan polisi," ucapnya, menegaskan.

Sementara Kabag Operasional Polres Sumenep, Kompol Edy Purwanto mengapresiasi keinginan pengurus Ansor yang akan menerjunkan personel Banser untuk membantu pengamanan perayaan Natal 2014 dan Tahun 2015 di gereja.

"Beberapa hari lalu, mereka memang mendatangi kami untuk menyampaikan sekaligus berkoordinasi untuk menerjunkan Banser dalam pengamanan gereja. Kami berterima kasih atas kepedulian dan perhatian Ansor," ujarnya.

Sesuai hasil kordinasi dengan pengurus gereja, kata dia, sejumlah gereja di Sumenep akan melaksanakan kegiatan (ibadah) untuk merayakan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015.

"Kami sudah menerima jadwal kegiatan di masing-masing gereja beserta estimasi jumlah jemaatnya. Kami pun sudah menunjuk personel yang akan mengamankan kegiatan tersebut di masing-masing gereja," ucapnya, menerangkan.
(KR-ZIZ)

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014