Bukittinggi (ANTARA News) - Pemerintahan Kota (Pemkot) Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), akan meresmikan "Fly Over" Aur Kuning dan gedung parkir pada Januari 2015, yang sebelumnya direncanakan pada Desember 2014.

Wali Kota Bukittinggi, Ismet Amzis di Bukittinggi, Rabu, mengatakan, untuk peresmian bangunan fisik "fly over" dan gedung parkir refresentatif akan dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Menteri Perhubungan pada Januari 2015.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bukittinggi, Eldi Efra menambahkan, secara fisik pembangunan fly over atau jembatan layang dan gedung parkir refresentatif Kota Bukittinggi telah selesai.

Ia menyebutkan, bangunan gedung parkir di seberang kantor DPRD Bukittinggi ini berjarak sekitar 100 meter di bawah Jam Gadang, yang dibangun di lahan seluas 1.927,87 meter persegi, dengan total anggaran mencapai Rpp22 miliar yang dibangun dalam tiga tahap.

Dari perencanaannya, katanya, gedung berlantai lima plus basemen itu memiliki daya tampung 295 unit mobil, dengan rincian 51 unit di basemen, 50 unit di lantai satu, 44 unit di lantai dua, 50 unit di lantai tiga, dan 50 unit di lantai empat, ditambah pada bagian atap gedung yang cukup menampung 50 unit mobil.

"Gedung parkir ini akan digunakan untuk kendaraan roda empat. Di dalam gedung itu tidak menyediakan tempat bagi kendaraan roda dua atau sepeda motor," katanya.

Terkait dengan rencana peresmian tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi tengah melakukan koordinasi dengan pihak terkait mulai dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, hingga Pemerintah Pusat.

Ia berharap, peresmian fly over dan gedung parkir refresentatif Kota Bukittinggi segera terealisasi dan dapat dimanfaatkan sehingga secara bertahap kemacetan dan kesemrawutan lalu lintas dapat diatasi. 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014