Musim lalu kami mengalahkan mereka...Saya tidak mengatakan kami menang karena kami lebih baik dibandingkan dengan Paris (PSG). Semua itu terpulang kepada hal-hal yang rinci.
Paris (ANTARA News) - Bersiap dengan situasi yang tidak ideal kemudian berjuang meraih kemenangan merupakan pekerjaan rumah pelik bagi Paris Saint Germain (PSG) ketika menjamu Chelsea dalam laga pertama babak 16 besar Liga Champions.

Bukan hamparan karpet merah yang digelar, bukan tiupan sangkakala yang dihembuskan ke langit-langit Paris, melainkan perlawanan sengit dalam balutan serangan bertubi-tubi dari skuat asuhan pelatih Laurent Blanc.

Tim arahan Blanc bakal berduel dengan skuat arahan Jose Mourinho yang digelar di Stadion Parc de Princes, Paris, pada Selasa waktu setempat, atau Rabu dini hari, pukul 02.45 WIB. Duel itu akan ditayangkan oleh stasiun televisi SCTV.

Laga PSG kontra Chelsea yang bakal dipimpin oleh wasit C. Cakr itu oleh sejumlah pandit disebut akan menampilkan gaya permainan jual beli serangan dan adu kuat lini pertahanan. Kedua tim sama-sama disemangati oleh asa meraih kemenangan.

Hanya saja Blanc masih berkutat mencari solusi memadai mengingat skuat berjuluk Les Parisiens itu tidak bisa diperkuat oleh Lucas Moura, Yohan Cabayem dan Sergei Aurier. Ketiga pemain ini sedang dibekap cedera, sementara sederet skuat PSG masih belum pulih benar, sebut saja Thiago Motta, Javier Pastorem dan Marquinhos.

Pelatih The Blues Jose Mourinho tentu saja memanfaatkan lubang yang menganga di skuat asuhan Blanc ini. Lebih-lebih musim sedang bersemi di pelatih asal Portugal itu, lantaran semusim berselang Chelsea mampu menghempaskan PSG, meski agregat berimbang 3-3.

Ini momentum bagi Blanc, meski meski lawan bukan skuat kacangan. Jelang laga melawan Chelsea, PSG bebrmain imbang 2-2 dalam laga dramatis melawan Caen di ajang Ligue 1 pada Sabtu. Hasil ini tentu saja mendorong Blanc untuk merombak susunan pemain menghadapi laga di ajang Liga Champions.

Kapten PSG, Silva mengimbau kepada suporter tuan rumah dengan memberi dukungan sepenuhnya. Ini bersesuaian dengan harapan yang dicanangkan Blanc.

Bek asal Brasil itu berkata kepada para wartawan, "Ini benar-benar laga yang mencemaskab (melawan Caen). Saya benar-benar tidak paham dengan apa yang sedang terjadi. Kami toh tampil baik kemudian beberapa dari kami mengalami cedera."

"Kami perlu bersikap dan berlaku positif menghadapi laga pada Selasa ini. Kami sedang menghadapi kandang melawan Chelsea. Kami memerlukan dukungan sepenuhnya dari suporter tuan rumah.

Laga ini benar-benar sulit bagi kami dan saya berharap para suporter mendukung kami, karena kami memerlukan mereka manakala menghadapi pertandingan krusial. Kami lebih kuat manakala kami mendapat dukungan suporter."

Sementara, Chelsea sedang berada di atas angin. Skuat asuhan Mourinho itu kini memimpin tujuh poin di klasemen Premier League. The Blues benar-benar sedang memburu tiga trofi,  dan ada asa selangit bagi The Special One itu menjadi menajer pertama yang mampu memenangi Liga Champions bersama tiga klub.
 
Komentar dua pelatih:

* Laurent Blanc (PSG):

"Situasi yang sedang kami hadapi jauh dari ideal, tetapi kami tetap harus bersabar. Kami membentangkan harapan akan dampak positif yang pada gilirannya memperkuat nyali dan semangat para pemain, staf pelatih dan tentu saja fans seluruhnya."

"Saya berharap kami membulatkan tekad dan menyatukan semangat, karena kami menghadapi tim dengan kualitas mumpuni. Kami seluruhnya perlu tampil memadai menghadapi Chelsea."

"Saya beranggapan bahwa lini pertahanan bukan  satu-satunya kunci dalam pertandingan esok, juga berlaku di sejumlah laga besar."

"Musim lalu Chelsea mampu mencetak gol di laga tandang manakala kami justru gagal melakukannya. Itu salah satu sebab mereka meraih kemenangan. Kedua tim diperkuat sejumlah pemain berbakat dan kreatif. Hanya saja, tidak jarang hal sebaliknya terjadi. Justru tim yang bermain defensif meraih kemenangan."

* Jose Mourinho (Chelsea):
"Liga Champions kerapkali menyajikan ruang bagi peristiwa mengejutkan. Peluang yang tersedia 50-50 antara tim yang dijagokan dengan tim lawan memenangi trofi. Pada saatnya, bagi saya kini ada 16 tim yang sedang berjuang merebut gelar."

"Musim lalu kami mengalahkan mereka. Meski kami kalah di Paris dan mampu memukul balik di menit-menit akhir. Saya tidak mengatakan kami menang karena kami lebih baik dibandingkan dengan Paris (PSG). Semua itu terpulang kepada hal-hal yang rinci. Kami mampu mencetak gol tandang di leg pertama dan tidak tersingkir."   

Data dan fakta:

* Ini kali kedua PSG bersua dengan Chelsea di  babak knockout di ajang Liga Champions. Tahun lalu, The Blues menyingkirkan Parisian dengan selisih gol tandang di babal kuarter final.
* Kedua tim bersua dalam babak penyisihan grup di musim 2004/05, dengan Chelsea menang 3-0 di Parc des Princes dan kedua tim tampil imbang ketika berlaga di Stamford Bridge. PSG gagal lolos karena disingkirkan Chelsea.
* PSG mencapai babak knock-out Liga Champions dalam tiga musim berturut-turut. Ini capaian yang terbaik bagi tim ini. Mereka mampu sampai babak knock-out di kuarter final dalam dua musim ini.      
* PSG hanya sekali lolos ke babak delapan besar Liga Champions (empat kali menang, tiga kali imbang). Mereka melawan Chelsea di Stamford Bridge pada April 2014 dengan skor 0-2.  
* PSG tidak terkalahkan dalam 32 laga kandang di kompetisi Eropa (22 kali menang, 10 imbang). Capaian ini terbaik bagi tim asal Prancis.     
* PSG juga pernah gagal dalam 18 laga kandang di kompetisi Eropa.   
* Sebanyak 70 persen gol yang dilesakkan PSG di ajang Liga Champions musim ini dicetak di menit-menit awal atau 15 menit jelang laga usai.   
* Chelsea mencapai babak knockout Liga Champions untuk kesebelas kalinya dalam 12 musim.

Prakiraan susunan pemain:

* PSG (4-3-3):

Sirigu (penjaga gawang), Van der Wiel, Silca, Kuiz, Maxwell, Motta, Verratti, Matuidi, Cavani, Ibrahimovic, Lavessi
Pemain cadangan:
Douchez, Digne, Bahebeck, Rabout, Pastore, Camara, Kampembe
Absen: Cabaye, Lucas, Aurier

* Chelsea (4-2-3-1):
Courtois (penjaga gawang), Ivanovic, Cahill, Terry, Azpilicueta, Fabregas, Matic, Willian, Oscar, Hazard, Costa
Pemain cadangan:
Cech, Cuadrado, Zouma, Remy, Drogba, Luis, Ramires
Absen: -
    
Lima laga terakhir:
(W: menang; L: kalah; D:imbang)

* PSG: D W D W W


14/2/15 Paris Saint-Germain 2 - 2 Stade Malherbe Caen
11/2/15 Paris Saint-Germain 2 - 0 FC Nantes
8/2/15  Olympique Lyonnais 1 - 1 Paris Saint-Germain
3/2/15 Lille SC Métropole    0 - 1 Paris Saint-Germain
30/1/15 Paris Saint-Germain 1 - 0 Stade Rennais

* Chelsea: W W D W L

11/2/15 Chelsea 1 - 0 Everton
7/2/15  Aston Villa 1 - 2 Chelsea
31/1/15 Chelsea 1 - 1 Manchester City
27/1/15 Chelsea 1 - 0 Liverpool
24/1/15 Chelsea 2 - 4 Bradford City

Head To Head:

8/4/14 Chelsea 2 - 0 Paris Saint-Germain
2/4/14 Paris Saint-Germain 3 - 1 Chelsea
23/7/12 Paris Saint-Germain 1 - 1 Chelsea
24/11/04 Chelsea 0 - 0 Paris Saint-Germain
15/9/04  Paris Saint-Germain 0 - 3 Chelsea

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Paris Saint-Germain 1 - 2  Chelsea
* Paris Saint-Germain 0 - 2  Chelsea
* Paris Saint-Germain 1  - 3 Chelsea

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* PSG: 1
* Chelsea: 3

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015