Keputusan untuk menghentikan operasional bus Zhongtong untuk kemudian dilakukan evaluasi itu betul
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta kepada PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) agar terus meningkatkan pemeliharaan dan pengecekan terhadap seluruh armada bus Transjakarta demi kenyamanan para penumpang.

"Kita sudah bahas masalah kebakaran bus Transjakarta itu dalam rapat kemarin. Makanya, kita minta PT Transjakarta supaya lebih intensif lagi melakukan pengecekan dan perawatan seluruh armada busnya," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Selasa.

Menurut dia, waktu evaluasi kondisi seluruh armada bus Transjakarta sebaiknya bukan hanya dilakukan secara berkala, tetapi setiap minggu atau bahkan setiap tiga hari, sehingga dapat diketahui sejak dini apabila terdapat armada yang rusak atau kurang optimal performanya.

"Karena dalam upaya peningkatan kualitas transportasi massal, faktor keselamatan para penumpang harus menjadi prioritas. Oleh karena itu, evaluasi terhadap kondisi seluruh armada bus Transjakarta harus sering-sering dicek," ujar Djarot.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, dia menuturkan, kebakaran bus Tranjakarta seringkali disebabkan terjadinya pemanasan atau overheating pada tabung gas yang menjadi bahan bakar bus. Pemanasan tersebut berdampak pada tabung gas yang menjadi semakin mudah terbakar.

"Karena bus terlalu sering beroperasi, akibatnya tabung gas menjadi cepat panas, dan akhirnya jadi mudah terbakar. Peristiwa terbakarnya salah satu bus Tranjakarta waktu itu harus menjadi pelajaran untuk kita agar meningkatkan pemeliharaan terhadap semua armada," tutur Djarot.

Sementara itu, terkait keputusan PT Transjakarta untuk menghentikan operasional bus Transjakarta bermerek Zhongtong, dia mengaku mendukungnya, sehingga dapat dilakukan evaluasi secara menyeluruh dan diharapkan peristiwa kebakaran itu tidak terulang lagi.

"Keputusan untuk menghentikan operasional bus Zhongtong untuk kemudian dilakukan evaluasi itu betul. Karena, kalau ada satu bus saja bermasalah, maka armada lain dengan merek yang sama juga harus cepat-cepat diperiksa. Jangan sampai bermasalah saat beroperasi," ungkap Djarot.

Seperti diketahui, pada Minggu (8/3) pukul 07.25 WIB, sebuah armada bus Transjakarta yang beroperasi di Koridor 9 mengalami kebakaran. Bus itu terbakar di ruas Jalan Gatot Subroto arah Semanggi. Kebakaran itu pun sempat membuat arus lalu lintas disekitarnya menjadi tersendat.

Pewarta: Rr.Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015