Yang penting ketika melawan Barcelona, mendominasi penguasaan bola. Kami harus menguasai bola dan mengontrol (lapangan tengah).
Barcelona (ANTARA News) - Barcelona jelas-jelas berada di atas angin untuk melaju ke babak perempat final Liga Champions. Bukan sekedar isapan jempol atau kerja dengan omong gede segudang mimpi berhiaskan target-target indah di atas kertas.

Jelas bahwa Lionel Messi dan kawan-kawan telah mengantongi kemenangan 2-1 di leg pertama ketika melawan Manchester City.

Kekalahan skuad berjuluk The Citizens justru terjadi di Etihad Stadium pada bulan lalu. Kekalahan di kandang, kekalahan di hadapan publik sendiri, tentunya menyisakan memori getir yang bermukim di benak Sergio Aguero dan kawan-kawan.

Yang tersisa sekarang, pembuktian di lapangan bahwa "banteng yang terluka kerapkali lebih berbahaya merangsek lawan".

Silakan menyaksikan drama bola Barcelona kontra Manchester City dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions yang digelar di Stadion Camp Nou pada Rabu waktu setempat, Kamis dini hari WIB, pukul 02.45 WIB. Duel dua raksasa sepak bola itu dapat disaksikan publik Tanah Air karena akan ditayangkan oleh SCTV.

El Barca yang dilatih Luis Enrique telah menyelesaikan gelaran sesi latihan pada Selasa di Ciutat Esportiva jelang menghadapi City. Martin Montoya kembali berlatih setelah pulih dari cedera retak tulang belakang ketika ia membawa timnya menang 2-0 melawan Eibar di ajang Liga Spanyol (La Liga).

Montoya yang biasanya menempati posisi sebagai full-bek siap menghadapi City di Camp Nou. Namanya direkomendasikan oleh staf pelatih Barca.

Hanya saja, Sergio Busquets belum tentu diturunkan karena ia mengalami cedera engkel ketika berlaga di leg kedua semi-final Piala Spanyol melawan Villareal. Posisinya sebagai gelandang bakal digantikan oleh Thomas Vermaelen.

Pellegrini yang posisinya belakangan ini berada di ujung tanduk, kini menyambut baik kembalinya gelandang Yaya Toure setelah absen karena terkena suspensi. Pemain timnas Pantai Gading itu siap bahu membahu bersama rekan-rekannya satu tim.

Hanya saja, full-bek asal Prancis Gael Clichy masih masih belum lepas dari suspensi karena ia menerima kartu merah ketika Manchester kalah 1-2 melawan Barcelona di Etihad Stadium bulan lalu.

Toure menyatakan bahwa laga melawan Barcelona sungguh bernuansa historis, karena menyangkut masa depan Pellegrini di Manchester City.

"Kami tahu apa yang harus kami lakukan. Pemilik dan pemodal klub ini telah menggelontorkan banyak uang untuk menjadikan klub ini sebagai salah satu klub elite di Eropa. Kami telah melewati hari-hari yang sulit, hanya saja kami bekerja keras. Ini bukan kali pertama kami menghadapi situasi yang sulit seperti ini. Kami akan coba berbuat yang terbaik bagi fans dan klub," kata Toure.

Komentar dua pelatih:
   
* Luis Enrique (Barcelona):

"Hanya ada satu laga dalam pikiran kami, yakni melawan City, bukan Clasico. Laga melawan mereka benar-benar bernuansa penting. Tujuan kami meraih kemenangan dan bermain sebaik mungkin ketika menghadapi mereka. Kemenangan telah berada di depan mata, karena itu kami bertekad melaju sampai babak perempat final."

"Saya tidak beranggapan bahwa laga musim ini lancar-lancar saja, karena kedua tim mengalami perubahan tim. Anda tidak dapat lolos dari babak penyisihan hanya dengan tampil baik dalam satu atau dua pertandingan. Untuk itu, kami perlu tampil gemilang (dalam leg kedua ini) juga, untuk itu kami bertekad mengalahkan lagi City."

"Saya tidak menyaksikan bahwa City secara fisik mengalami kelelahan. Saya yakin mereka bakal tampil mati-matian untuk dapat lolos ke babak selanjutnya. Saya menganggap hal itu positif saja. Kami sama sekali tidak menganggap enteng, karena pertandingan ini sangat penting."  

* Manuel Pellegrini (Manchester City):

"Kami perlu tampil bermain seperti babak kedua di leg pertama. Pada babak pertama, Barca menguasai jalannya pertandingan, di babak kedua situasinya berubah. Kami perlu tampil ngotot dengan mengerahkan kebersamaan. Kami memiliki tim yang mampu mewujudkan hal itu."

"Yang penting ketika melawan Barcelona, mendominasi penguasaan bola. Kami harus menguasai bola dan mengontrol (lapangan tengah). Kami ingin Barcelona menghadapi masalah dalam penguasaan bola."

"Penting bagi kami untuk membuktikan bahwa kami menjadi salah satu tim terbaik di Eropa dengan mengalahkan Barcelona. Tekad ini harus kami buktikan. Kami harus mendapat dan meraih kemenangan. Jelas, bahwa kami tidak menghadapi tim yang lemah, tetapi pertandingan ini bakal berbeda (dari leg pertama). Ketika anda melawan Barcelona, maka daya juang tim penting."  
 
Data dan fakta:

Barcelona:

* Empat kali juara Eropa ini sedang membidik rekor delapan kali berturut-turut masuk ke babak perempat final.
* Barcelona meraih tiga kemenangan kandang di Grup F, mencakup kemenangan 3-1 atas Paris Saint-Germain. Mereka hanya menelan sekali kekalahan dari 30 laga kandang selama mengikuti Liga Champions dengan meraup 23 kemenangan.
* Rekor Barcelona melawan tim-tim asal Inggris yakni enam belas kali menang, sebelas kali imbang, dan dua kali kalah.
* Barcelona mengalami kekalahan 1-2 dari Manchester United di ajang Piala Winners pada 1991.
* Barcelona meraih 16 kemenangan dari 17 laga, kalah 0-1 dari Malaga pada 21 Februari.
* Luis Suarez telah mencetak enam gol dari lima laga terakhir di semua kompetisi.
* Messi mencatatkan 32 kali hat-trick ketika Barcelona menggulung Rayo Vallecano dengan skor 6-1 pada laga yang digelar 8 Maret 2015. Catatan ini memecahkan rekor hat-trick yang dicapai Telmo Zarra dalam sejarah sepak bola Spanyol.  
 
Manchester City:
* Clichy mengalami suspensi, meski Yaya Toure siap turun bertanding.
* Dari seluruh tim yang berlaga di babak 16 besar, City menerima lebih dari tiga kartu mereka dibandingkan dengan tim-tim lain.
* City menelan kekalahan yang ketiga ketika mereka dikalahkan 0-1 manakala menghadapi Burnley.
* Aguero telah mengemas 19 gol dalam 21 pertandingan di semua kompetisi sebelum ia absen karena mengalami cedera lutut.
* Dzeko baru saja menorehkan gol yang kelima puluh selama ia berlaga di Premier League.

Prakiraan susunan pemain:

* Barcelona (4-3-3):

Ter-Stegen (penjaga gawang), Alves, Pique, Mascherano, Alba, Rakitic, Xavi, Iniesta, Messi, Suarez, Neymar
Pemain cadangan:
Bravo, Pedro, Mathieu, Rafinha, Adriano, Serge Roberto, Bartra
Pemain absen: Busquets, Vermaelen (cedera)

* Manchester City (4-2-3-1):
Hart (penjaga gawang), Zabaleta, Kompany, Mangala, Kolarov, Toure, Fernando, Milner, Silva, Nasri, Aguero
Pemain cadangan:
Cabalero, Bony, Lampard, Demichelis, Fernandinho, Navas, Dzeko
Absen: Clichy (skorsing)   
 
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

Barcelona: W W W W W


14/3/15 Eibar 0 - 2 Barcelona
8/3/15 Barcelona 6 - 1 Rayo Vallecano
4/3/15 Villarreal 1 - 3 Barcelona
28/2/15 Granada 1 - 3 Barcelona
24/2/15 Manchester City 1 - 2 Barcelona

Manchester City: L W L L W

14/3/15 Burnley 1 - 0 Manchester City
4/3/15 Manchester City 2 - 0 Leicester City
1/3/15  Liverpool 2 - 1 Manchester City
24/2/15 Manchester City 1 - 2 Barcelona
21/2/15 Manchester City 5 - 0 Newcastle United

Head To Head:

24/2/15 Manchester City 1 - 2 Barcelona
12/3/14 Barcelona 2 - 1 Manchester City
18/2/14 Manchester City 0 - 2 Barcelona
19/8/09 Barcelona 0 - 1 Manchester City

Prediksi hasil laga (Goal.com)
* Barcelona 3 - 1 Manchester City (18 persen)
* Barcelona 2 - 0 Manchester City (13 persen)
* Barcelona 2 - 1 Manchester City (9 persen)
 
Prediksi jalannya laga:
* Barcelona memiliki keuntungan karena telah meraih kemenangan di leg pertama. City memerlukan kemenangan dengan selisih dua gol. The Citizens harus mewaspadai serangan cepat yang dibangun barisan depan Barcelona.
* Pellegrini harus mengomando pasukannya agar mencetak gol cepat agar mampu menaikkan semangat dan mendongkrak mentalitas bertanding. Untuk itu, dominasi Barcelona di lapangan tengah merupakan pekerjaan rumah besar bagi pelatih asal Chile ini.   
* Masa depan Pellegrini benar-benar sedang berada di ujung tanduk, dengan merujuk kepada hasil laga melawan Barcelona ini. Ini menjadi tekanan tersendiri bagi pelatih City.  

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Barcelona: 2
* Manchester City: 1

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015