Dortmund (ANTARA News) - Jawara Italia Juventus berhasil mempecundangi wakil Bundesliga Jerman Borussia Dortmund dengan skor 3-0 dalam laga kedua babak 16 besar Liga Champions di Signal Iduna Park, Kamis pagi WIB.

Pasukan besutan Massimiliano Allegri itu sukses mempermalukan Dortmund yang berlaga di hadapan publik sendiri melalui dwigol Carlos Tevez pada menit 3 dan 79 serta Alvaro Morata pada menit 70.

Berkat kemenangan tersebut, JUventus melaju ke perempat final Liga Champions dengan skor agregat 5-1, setelah menang 2-1 di pertemuan pertama di Juventus Stadium, dua pekan silam.

Meski tak banyak menguasai bola sepanjang laga, Si Nyonya Tua menaruh pertahanan yang sangat kokoh sembari memanfaatkan serangan balik guna mencetak gol-gol kemenangan mereka dalam laga tersebut.

Sepanjang laga dengan 44 persen penguasaan bola, Juventus melepaskan 11 percobaan tembakan yang enam di antaranya tepat sasaran.

Hal kontras terjadi di kubu asuhan Juergen Klopp yang tampil tumpul, terlihat dari kurang efektifnya serangan mereka yang hanya berbuah sembilan percobaan tembakan dan dua di antaranya mengarah ke sasaran dalam 56 persen penguasaan bola.

Laga baru berjalan tiga menit ketika publik tuan rumah harus dibungkam dengan gol cepat dari Tevez lewat tendangan dari jarak 30 meter usai menyambut umpan dari Patrice Evra.

Tim tamu sempat harus kehilangan gelandang berbakat asal Prancis Paul Pogba yang ditandu keluar lapangan digantikan oleh Andrea Barzagli akibat terlihat mengalami masalah cedera.

Namun, masuknya Barzagli justru mempertebal tembok pertahanan Juventus dan hal tersebut berlangsung hingga memasuki babak kedua, meski tuan rumah berusaha mengubah strategi dengan memasukkan darah segar di lini tengah.

Justru Juventus berhasil menggandakan keunggulan lewat gol Morata pada menit 70, lewat sontekan mudah di hadapan gawang setelah menerima umpan matang Tevez yang memilih menyingkirkan egonya meski berada dalam posisi tembak terbuka.

Delapan menit berselang penyerang Argentina itu memetik buah manis dengan mencetak gol keduanya lewat tendangan menyusur tanah menyambut sodoran umpan dari Arturo Vidal.

Selanjutnya, tuan rumah menggebu-gebu melepaskan berbagai percobaan tembakan yang tak tentu arah, hingga akhirnya wasit Milorad Mazic meniup peluit tanda laga usai dengan kedudukan 3-0 untuk Juventus.

Berikut susunan lengkap pemain yang diturunkan kedua tim sebagaimana dilansir situs resmi UEFA.

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Roman Weidenfeller (PG); Sokratis Papasthathoupoulos, Neven Subotic, Mats Hummels, Marcel Schmelzer (Oliver Kirch); Sven Bender (Adrian Ramos), Ilkay Gundogan; Kevin Kampl, Heinrikh Mkhitaryan (Jakub Blaszczykowski), Marco Reus; Pierre Aubameyang
Pelatih: Juergen Klopp

Juventus (4-3-1-2): Gianluigi Buffon (PG); Stephan Lichtsteiner, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Patrice Evra; Arturo Vidal, Claudio Marchisio, Paul Pogba (Andrea Barzagli); Roberto Pereyra; Alvaro Morata (Alessandro Matri), Carlos Tevez (Simone Pepe)
Pelatih: Massimiliano Allegri

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015